Berita

Tidur Usai Sahur Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

Jumat, 16 April 2021 - 07:07
Tidur Usai Sahur Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan ILUSTRASI - Tidur setelah Sahur. (FOTO: Shutterstock)

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTA – Peringatan tidak boleh langsung tidur setelah makan sebenarnya tidak hanya di waktu Ramadan. Akan tetapi resiko tersebut menjadi lebih tinggi saat bulan Ramadan karena seseorang harus bangun sedini mungkin untuk makan sahur. Tidur usai sahur memang bisa terasa nikmat, namun siapa sangka hal ini berdampak buruk bagi kesehatan.

Ini karena tidur setelah makan akan membuat pencernaan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut. Ini disebabkan bahwa posisi terbaik untuk mencerna makanan adalah posisi tegak. 

Mengutip dari berbagai sumber, berikut dampak dan penjelasan akan dampak buruk yang dihasilkan dari tidur setelah sahur:

1. Asam Lambung (gerd)

Perubahan posisi dari tegak menjadi terlentang, mengakibatkan katup antara lambung dan kerongkongan tidak menutup dengan sempurna. Hal ini menyebabkan makanan akan mudah untuk kembali naik ke kerongkongan dan pada saat terbangun, perut akan terasa kembung. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka akan mudah terkena penyakit asam lambung.

2. Serangan Jantung

Kebisaan tidur setelah makan juga akan membuat pelakunya mengalami peningkatan tekanan darah sepanjang malam. Dikutip dari ScienceDaily, makan setelah tidur akan membuat seseorang kurang dari 2 jam selama tidur akan terjadi peningkatan tekanan darah. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka memberi kesempatan untuk terkena serangan Kardiovaskular seperti jangung, stroke, hingga jantung koroner. 

3. Menaikkan Berat Badan

Penjelasan mudah untuk kasus ini adalah dikarenakan tidak diberinya ruang bagi tubuh untuk membakar kalori yang masuk. Jika dibiarkan mengendap di dalam tubuh, maka akan menjadi lemak dan membuat berat badan menjadi bertambah atau naik. Bahaya yang dapat ditimbulkan adalah obesitas, jika kebiasaan ini tidak mulai diubah. Oleh karenanya, tidak heran jika beberapa orang malah naik berat badannya setelah berpuasa. 

4. Sakit Tenggorokan

Penyebab ini masih berkaitan dengan faktor nomor 1, yakni katup antara lambung dengan kerongkongan tidak menutup dengan sempurna. Sehingga saat asam lambung naik ke tenggorokan menimbulkan rasa terbakar dan tidak enak. Jika hal ini dibiarkan, maka seseorang tersebut akan mengalami peradangan. 

Itulah dampak buruk jika kita membiasakan tidur usai sahur atau setelah makan terutama saat sahur. Dimana hal ini terdapat perbedaan waktu untuk makan dari hari-hari biasanya. Usahakan untuk memberi jeda dua sampai tiga jam setelah makan supaya makanan akan dicerna dengan baik. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.