Berita

Target Turunkan Angka Stunting, Dinkes Kota Probolinggo Bagikan Susu di Hari Gizi Nasional

Rabu, 25 Januari 2023 - 15:48
Target Turunkan Angka Stunting, Dinkes Kota Probolinggo Bagikan Susu di Hari Gizi Nasional Dinas Kesehatan P2KB Kota Probolinggo membagikan paket susu dan telur ke para pengendara dalam memperingati Hari Gizi Nasional 2023. (FOTO: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGODinas Kesehatan P2KB Kota Probolinggo, Jatim, memiliki target untuk menurunkan angka stunting di wilayahnya. Di Hari Gizi Nasional atau HGN ke-63 tahun 2023 ini, pihak Dinkes membagikan susu dan telur kepada pengendara yang membawa anak kecil di jalan Suroyo, Kota setempat pada Rabu (25/1/2023).

Sub Kordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinkes P2KB Kota Probolinggo, drg. Luluk Muyassaroh mengatakan, dalam peringatan HGN ini, Dinkes mempunyai target untuk menurunkan angka stunting, baik di skala lokal, regional maupun nasional. 

“Sesuai dengan HGN ke-63 dengan tema “Protein Hewani Cegah Stunting”, maka kami punya target untuk menurunkan angka stunting bukan hanya di Kota Probolinggo, tetapi juga di skala nasional,” katanya. 

Luluk juga menjelaskan, angka stunting di Kota Probolinggo, secara umum sudah mengalami penurunan dari target nasional 14 persen dan Kota Probolinggo telah berhasil menurunkan angka stunting menjadi 12 persen. Di Kota Probolinggo, angka stunting di setiap kecamatan masih rata-rata. Artinya tidak ada yang mendominasi. 

“Angka stunting di setiap lokus atau kelurahan di Kota Probolinggo, masih rata-rata. Tidak ada yang menonjol. Namun, kita memiliki target penurunan angka stunting sampai angka 11 persen. 

Untuk menurunkan angka stunting di Kota Probolinggo kata Luluk, Dinas Kesehatan P2KB mempunyai strategi khusus, salah satunya dengan menggelar kegiatan pembagian paket susu dan telur, dengan sasaran pengendara motor yang membawa anak kecil. 

Dalam giat kali ini, petugas dari Dinkes juga memberikan tips bagi orangtua, dalam pencegahan stunting pada anak, seperti menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga pola nutrisi. 

Untuk memenuhi gizi anak yang ramah di kantong, para orang tua juga bisa memanfaatkan pekarangan sebagai sumber gizi. Misalnya melalui program kawasan rumah pangan lestari atau KRPL, dengan menanam sayur dan juga memelihara ayam, yang bisa diambil daging dan telurnya, serta bisa membudidayakan ikan dalam ember atau budidamber. Dengan terpenuhinya gizi pada anak, maka stunting pada anak tidak akan terjadi.

Dalam memperingati Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari ini, petugas Dinkes P2KB Kota Probolinggo membawa sejumlah balon hias bertuliskan HGN dan paket souvenir berisikan susu dan telur, di depan kantor Dinkes P2KB setempat. 

Selain membagikan paket susu dan telur, petugas juga melakukan sosialisasi tentang Hari Gizi Nasional ke-63 yang bertemakan “Protein Hewani Cegah Stunting”.

Merujuk laman Kementerian Kesehatan RI, peringatan Hari Gizi Nasional atau HGN ke-63 tahun 2023 ini mengambil tema “Protein Hewani Cegah Stunting”. Tema ini diusung sebagai ajakan kepada masyarakat untuk mencegah stunting terutama di Kota Probolinggo. (*)

Pewarta : Sri Hartini
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.