Berita

Puting Beliung di Probolinggo Sasak 6 Desa dan 2 Kecamatan

Selasa, 25 Januari 2022 - 23:18
Puting Beliung di Probolinggo Sasak 6 Desa dan 2 Kecamatan Petugas tengah melakukan evakuasi pohon tumbang. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Angin puting beliung melanda dataran Kabupaten Probolinggo pada Selasa (25/1/2022) sore. Ada sekitar 6 desa dari 2 kecamatan terdampak bencana itu. Akibatnya, banyak pohon tumbang di jalanan dan beberapa mengenai rumah warga hingga ambruk.

Berdasarkan data yang dihimpun TIMES Indonesia, ada 5 desa di Kecamatan Banyuanyar, diantaranya Desa Liprak Kulon dan Blado Wetan. Kemudian, satu lagi, Sambirampak Lor Kecamatan Kotaanyar.

Angin puting beliung itu terjadi sekira pukul 15.00 WIB. Saat itu, angin disertai hujan deras melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Probolinggo. Hembusan angin yang begitu kencang membuat banyak pohon tumbang ke jalanan dan mengenai rumah warga.

“Sementara yang dapat kami himpun hingga malam ini yang terluas dampaknya di Kecamatan Banyuanyar, yang kami dapat dari laporan warga dan media sosial sekitar 5 Desa. Di Kecamatan Kotaanyar juga ada yang terdampak,” ungkap Supervisor Pusdalops PB BPBD Kabupaten Probolinggo, Aries Setyawan.

Hingga saat ini, pihaknya masih terus melakukan aksi cepat darurat di sejumlah titik. Bahkan, tim TRC sudah diterjunkan ke sejumlah tempat terdampak bencana alam tersebut.

Petugas tengah melakukan evakuasi pohon tumbang aSalah satu rumah warga yang tertimpa pohon tumbang. (Foto: BPBD/TIMES Indonesia)

“Tim juga sedang melakukan evakuasi pohon yang tumbung di jalanan dan rumah warga,” ungkap Aries.

Sementara itu, Kepala Desa Liprak Kulon, Lukman Hakim mengatakan, terdata dua rumah rusak parah akibat ditimpa pohon tumbang yang berada di Dusun Kramat, RT 008 desa setempat. Sedangkan untuk beberapa rumah lainnya hanya ditimpa ranting pohon kecil.

"Banyak pohon yang tumbang dan sebagian akses jalan tidak bisa dilewati karena banjir dan pohon tumbang kalau untuk korban jiwa atau pengendara yang melintas tertimpa pohon itu tidak ada, alhamdulilah," kata Lukman Hakim saat dikonfirmasi.

Hingga saat ini, Tim TRC BPBD Kabupaten Probolinggo masih terus melakukan pendataan dan evakuasi di sejumlah titik lokasi bencana alam. Belum ada laporan terkait korban akibat puting beliung tersebut. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.