Berita

Plt Bupati Probolinggo Temui Abdul Malik Haramain, Lawan Politik Pilkada 2018

Rabu, 22 September 2021 - 15:45
Plt Bupati Probolinggo Temui Abdul Malik Haramain, Lawan Politik Pilkada 2018 Pertemuan Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, dengan Ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo Abdul Malik Haramain (foto: Fanani for TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGOPlt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, menemui Ketua DPC PKB Abdul Malik Haramain, lawan politik dalam Pilkada 2018. Pertemuan dilakukan di rumah Malik, di Ponpes Raudlatut Tholibin, Kademangan, Kota Probolinggo, Senin (20/9/2021).

Rabu (22/9/2021) pagi, politisi PDIP ini mengunggah foto-foto pertemuan tersebut di akun Facebook pribadinya dengan nama Timbul Prihanjoko. Disertai keterangan sebagai berikut:

"Alhamdulillah, silaturahim dan diskusi dengan Mas Malik Haromain dan Mas Abdullah Sabut (Wakil Ketua DPRD Kota Probolinggo 2009-2014) di kediaman beliau, Pondok Raudlatuttalibin. Diskusi ringan di sela-sela tugas kami masing-masing, tentang bagaimana pengembangan daerah ini ke depan dilakukan.

Saya percaya, kolaborasi dan gotong royong semua pihak dalam membangun Kabupaten Probolinggo adalah sebuah keniscayaan.

Semoga kita semua selalu diberikan keberkahan dan kesehatan dalam menjalankan aktivitas. Aamiin."

Secara terpisah, Abdul Malik Haramain mengatakan, Timbul Prihanjoko meminta dukungan moral agar pemerintahan berjalan normal. Terutama pelayanan kepada publik.

Menurutnya, silaturrahim dengan ketua parpol penting untuk memastikan kinerja Pemkab Probolinggo berjalan seperti biasa. Tidak terpengaruh pada peristiwa hukum yang terjadi.

Peristiwa hukum yang dimaksud yakni OTT KPK terhadap Bupati Probolinggo non aktif Puput Tantriana Sari, bersama suami yang juga anggota DPR Hasan Aminuddin pada 30 Agustus 2021 terkait korupsi jual beli jabatan Pj kades.

Keduanya mematok harga Rp 20 juta untuk setiap jabatan Pj kades. Plus upeti penyewaan tanah kas desa sebesar Rp5 juta/hektar. Uang diserahkan melalui Camat Krejengan Doddy Kurniawan, dan Camat Paiton Muhammad Ridwan.

"Karena (OTT KPK, Red) pasti mempengaruhi psikologi ASN dan birokrasi," kata Malik.

Kepada Timbul, Malik juga menyampaikan agar program Pemkab Probolinggo yang baik dilanjutkan. Sementara yang kurang pas agar diubah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki seorang plt bupati.

Pria yang juga staf khusus menteri desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi ini meminta, agar Pilkades Serentak di 252 desa agar segara ditentukan jadwalnya dan harus berjalan demokratis.

Per 9 September 2021, 252 desa tersebut dipimpin seorang Pj kades yang diangkat oleh Plt Bupati Timbul Prihanjoko.

Dukungan Partai Oposisi

Abdul Malik Haramain mengatakan, penunjukan Timbul Prihanjoko sebagai Plt Bupati sudah sesuai prosedur. Karenanya ia harus didukung karena sudah sesuai regulasi.

Malik mengakui, selama ini partainya beroposisi dengan koalisi pemerintah di DPRD Kabupaten Probolinggo.

"Kami (PKB) bersikap obyektif. Bukan oposisi ngawur. Yang kami khawatirkan, layanan publik terbengkalai," katanya.

Menurutnya secara moral PKB Kabupaten Probolinggo turut bertanggung jawab mendorong Plt Bupati menyelesaikan tugas pelayanan pada publik.

"Jangan gara-gara peristiwa hukum (OTT KPK) bikin program mandeg," ujar Abdul Malik Haramain. Sebelum diangkat menjadi Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko merupakan Wabup Probolinggo. (*)

Pewarta : Muhammad Iqbal
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.