Berita

[CEK FAKTA] Video Perdana Menteri Gujarat India Meninggal Saat Berpidato

Senin, 18 Oktober 2021 - 16:44
[CEK FAKTA] Video Perdana Menteri Gujarat India Meninggal Saat Berpidato Video dengan narasi tentang Perdana Menteri Gujarat India yang sedang berpidato, tiba-tiba meninggal dunia yang beredar di media sosial.

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTA – Beredar video dengan narasi Perdana Menteri Gujarat India yang sedang berpidato, tiba-tiba meninggal dunia. Video tersebut beredar di Facebook, dibagikan salah satunya oleh akun Muhd Harianto Tanko pada Minggu, 17 Oktober 2021.

Dalam video berdurasi 58 detik itu, terlihat seseorang yang disebut Perdana Menteri Gujarat sedang berpidato berpidato. Pengguna akun Muhd Harianto Tanko menyebut bahwa Islam dianggap racun oleh si perdana menteri tersebut. 

Berikut narasi lengkapnya:

Perdana Menteri Gujarat (india) mengatakan dlm Pidatonya: "Saya muntahkan Racun melawan Islam (jadi Islam itu dianggap Racun). Seketika itu juga Allah swt mencabut Ruhnya dlm sekejap mata.

cek fakta Perdana Menteri Gujarat IndiaSumber: Facebook (https://www.facebook.com/pawe.mandatte/posts/132420549130156)

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa pria yang disebut Perdana Menteri Gujarat India itu meninggal, salah. Pria tersebut pingsan, bukan meninggal.

Penelusuran kami dengan menggunakan mesin pencari menemukan, sosok dalam video itu adalah Ketua Menteri Gujarat, Vijay Rupani. Sebagaimana terlihat dalam video yang beredar, Vijay Rupani sedang berpidato dalam suatu pertemuan publik di Vadodara, Gujarat, India pada 14 Februari 2021. 

Dilaporkan oleh Times of India, jatuhnya Vijay saat berpidato itu adalah pingsan. "CM Gujarat Vijay Rupani pingsan saat berpidato pada sebuah pertemuan publik di persimpangan jalan Mehsananagar, daerah Nizampura di Vadodara," tulis Times of India dalam laporannya, 14 Februari 2021.

cek fakta Perdana Menteri Gujarat India 2Sumber: Gujarat CM Vijay Rupani collapses on stage at Vadodara public meeting | Times of India

Dilansir India Today, Vijay Rupani pingsan karena tekanan darah rendah dan gula.

cek fakta Perdana Menteri Gujarat India 3Sumber: Gujarat CM Vijay Rupani faints on stage during speech, flown to Ahmedabad | India Today

Penelusuran kami, Vijay Rupani hingga kini masih aktif bermedia sosial. Terlihat dari akun Twitternya @vijayrupanibjp yang masih mengunggah dan membagikan informasi. Terakhir ia membagikan ulang (retweet) postingan Perdana Menteri India, Narendra Modi (@narendramodi) berupa video pada 15 Oktober 2021.

cek fakta Perdana Menteri Gujarat India 4

Sumber: Twitter/@vijayrupanibjp

Ia juga masih aktif seperti terlihat dari unggahan di akun Intagramnya yang juga centang biru @vijayrupanibjp sebagaimana akun Twitternya.

cek fakta Perdana Menteri Gujarat India 5

Sumber: Instagram/@vijayrupanibjp

Vijay tidak lagi menjabat sebagai Ketua Menteri Gujarat. Ia mengakhiri jabatannya pada 13 September 2021. Pemeriksaan atas klaim serupa juga telah dilakukan oleh medcom.id. ([Cek Fakta] Video Perdana Menteri Gujarat India Seketika Meninggal saat Pidato? Ini Faktanya | Medcom)

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim bahwa Perdana Menteri Gujarat India yang sedang berpidato meninggal dunia, salah. Faktanya, sosok tersebut adalah Vijay Rupani. Ia pingsan bukan meninggal dunia. Kejadian di video itu saat Vijay masih menjabat sebagai Ketua Menteri Gujarat.  

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: redaksi.timesmedia@gmail.com atau redaksi@timesindonesia.co.id (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.