Berita

Bupati Blitar Pimpin Pemberangkatan Bantuan Erupsi Gunung Semeru

Rabu, 08 Desember 2021 - 12:33
Bupati Blitar Pimpin Pemberangkatan Bantuan Erupsi Gunung Semeru Bupati Blitar Rini Syarifah atau Mak Rini memimpin Apel Pemberangkatan Bantuan Kemanusiaan Erupsi Gunung Semeru di depan Kantor Bupati, Rabu (8/12/2021). (FOTO: Humas Polres Blitar)

TIMES PROBOLINGGO, BLITARBupati Blitar Rini Syarifah atau Mak Rini memimpin Apel Pemberangkatan Bantuan Kemanusiaan Erupsi Gunung Semeru di depan Kantor Bupati, Rabu (8/12/2021).

Apel tersebut sekaligus pemberangkatan relawan untuk membantu penanganan dampak bencana erupsi gunung Kelud.

Mak Rini mengatakan, pengiriman bantuan dan relawan ke Kabupaten Lumajang adalah bentuk kepedulian dan kemanusiaan Pemkab Blitar untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Sebelum diberangkatkan, mari kita menundukan kepala sejenak untuk mengheningkan cipta kepada para korban letusan Gunung Semeru," katanya dalam sambutan.

Rini-Syarifah-atau-Mak-Rini-2.jpg

Ia berpesan kepada relawan yang akan membantu penanganan dampak bencana Gunung Semeru untuk bisa menjaga diri dan mengutamakan keselamatan. Selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan posko, serta menjalankan tugas kemanusiaan dengan penuh semangat dan ikhlas.

"Relawan jangan sampai merepotkan tapi ringankan beban mereka para korban. Kita membantu memecahkan solusi yang ada disana," jelasnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Blitar Achmad Cholik menambahkan, BPBD Kabupaten Blitar telah mengirimkan relawan pada hari pertama erupsi gunung Semeru. Relawan BPBD tahap pertama tersebut difokuskan untuk membantu korban di Kecamatan Candipuro. Sedangkan, relawan yang diberangkatkan hari ini akan ditempatkan di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang

"Bantuan ini adalah dalam rangka kemanusiaan dan wujud kepeduliaan sesama untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru," tambahnya.

Cholik mengutarakan, Bantuan tersebut berbentuk barang dan uang yang berasal sumbangsih anggota Korpri serta Instansi lainnya. Bantuan yang akan dikirim dengan total nilai Rp 125 juta. Bantuan selanjutnya, Cholik katakan, akan dikumpulkan dari peternak ayam di Kabupaten Blitar.

"Bantuan tahap ke 3 akan dikumpulkan dari para peternak dan perbantuan personel untuk pembersihan lokasi dampak erupsi Gunung Semeru," urainya.

Turut hadir dalam Apel Pemberangkatan Bantuan Kemanusiaan Erupsi Gunung Semeru, Dandim 0808 Blitar Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono, Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom, Kapolres Blitar Kota AKBP Heri Yudhy Setiawan, Sekda Pemkab Blitar Izul Marom, dan Plt. Kadinkes Kabupaten Blitar dr. Endah Woro. (*)

Pewarta : Muhammad Sholeh
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.