Berita

Hadiri Milad Ke-17 Syubbanul Muslimin, Gubernur Khofifah Ajak Jemaah Bersholawat 

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 21:03
Hadiri Milad Ke-17 Syubbanul Muslimin, Gubernur Khofifah Ajak Jemaah Bersholawat  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bersholawat bersama ribuan jemaah Syubbanul Muslimin di Paiton, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Taufik H/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Majelis sholawat Syubbanul Muslimin menggelar kegiatan puncak peringatan milad ke-17 di lapangan simpang empat Ponpes Nurul Qadim Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jatim, Sabtu (1/10/2022) malam. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang hadir dalam acara tersebut mengajak ribuan jemaah bersholawat bersama.

Malam puncak milad ke-17 majelis sholawat Syubbanul Muslimin dihadiri beberapa tokoh nasional. Salah satunya Kepala Kepolisian Republik Indonesia atau Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. 

Begitu juga dengan jajaran pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang hadir mendampingi Khofifah Indar Parawansa. Seperti, Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Jawa Timur, Irjen Polisi Nico Ananta.

Ribuan-jemaah-majelis-sholawat-Syubbanul-Muslimin.jpgRibuan jemaah majelis sholawat Syubbanul Muslimin, memenuhi lapangan simpang empat Ponpes Nurul Qadim Paiton. (FOTO: Taufik H/TIMES Indonesia)

Sementara kalangan pejabat Probolinggo, tampak hadir Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, serta Kapolres dan Dandim 0820 Probolinggo.

Saat memberikan sambutan, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, jamaah majelis sholawat Syubbanul Muslimin tidak hanya tersebar di Jawa Timur. "Banyak juga jamaahnya dari luar Jawa," kata Khofifah.

Khofifah menuturkan, puncak peringatan milad ke-17 Syubbanul Muslimin kali ini bertabur bintang. Tapi, bintang yang dimaksud Khofifah adalah kehadiran para jenderal di Indonesia. "Pak Kapolri juga membawa polisi bintang tiga dan dua. Termasuk Pak Kapolda Jawa Timur," ujarnya.

Tak banyak sambutan yang disampaikan oleh gubernur pertama di Jawa Timur itu. Tapi ia mengajak ribuan jemaah majelis sholawat Syubbanul Muslimin yang hadir, untuk membaca sholawat bersama-sama. 

Pembacaan sholawat oleh orang nomor satu di Jawa Timur itu, langsung diiringi oleh grup hadrah Syubbanul Muslimin dengan khodimul majelis KH Hafidzul Hakiem Noor atau yang akrab disapa Gus Hafidz. Gus Hafidz merupakan penerima anugerah TIMES Indonesia 2021 kategori Man of The Year Kabupaten Probolinggo.   

Diketahui, Majelis Sholawat Syubbanul Muslimin berdiri pada tahun 2005. Awalnya, shalawatan di majelis ini hanya diikuti oleh 40-70 jemaah. Tempat shalawatan berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah lainnya. Tapi kini, jemaah majelis yang berarti pemuda Islam tersebut telah berjumlah ribuan orang. 

Shalawatan oleh Syubbanul Muslimin tak hanya digelar di Probolinggo. Tapi juga luar kota, bahkan hingga luar negeri. Dan kini, Syubbanul Muslimin telah berusia 17 tahun. Sebelum malam puncak milad ke-17, Syubbanul Muslimin lebih dulu menggelar banyak acara. 

Pada Sabtu (3/9/2022) digelar turnamen bola voli memperebutkan Piala Dokter Mufti Anam. Turnamen yang telah berakhir pada Sabtu (24/9) itu, bertempat di lapangan simpang empat Pondok Pesantren Nurul Qodim (PPNQ).

Kemudian, pada Minggu (4/9), pukul 13.00 WIB, digelar Anniversary Vloc & Comshow. Tempat acara juga di lapangan simpang empat PPNQ.

Lalu, pada Minggu (11/9), PPNQ mengadakam Bahtsul Masa’il PCNU Kota Kraksaan. Acaranya dimulai pukul 8 pagi, di Saka 9 Mabes Syubbanul Muslimin.

Seminggu kemudian, atau pada Minggu (18/9), kawasan PPNQ dipenuhi pecinta sepeda ontel atau yang disebut Onthelis. Pecinta sepeda kuno itu menggelar touring "Ontel Syubban" dengan garis start di lapangan simpang empat PPNQ, mulai pukul 06.30 WIB. Lalu, pada Minggu (25/9/2022) pagi, digelar gowes bareng.

Kini, rangkaian milad ke-17 majelis sholawat Syubbanul Muslimin menyisakan satu kegiatan. Yakni event touring motor trail yang akan digeber pada Minggu (2/10/2020) pagi. Seluruh kegiatan tersebut digelar di lapangan simpang empat Ponpes Nurul Qadim Paiton. Termasuk puncak peringatan milad yang dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (*)

Pewarta : Rhomadona (MG-410)
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.