Berita

Presiden RI Jokowi Bertemu PM Singapura, Ini yang Dibahas

Selasa, 25 Januari 2022 - 15:34
Presiden RI Jokowi Bertemu PM Singapura, Ini yang Dibahas Presiden Jokowi bersalaman dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Merdeka, Minggu, 20 Oktober 2019 (FOTO: AFP Photo/Bay Ismoyo)

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengungkapkan isi pertemuan dengan Perdana Menteri atau PM Singapura Lee Hsien Loong di Bintan, Kepulauan Riau, antara lain membahas penguatan kerja sama pemulihan ekonomi dan pengakuan vaksin.

"Pertemuan saya dan PM Lee membahas upaya penguatan kerja sama bilateral di berbagai bidang, terutama di bidang ekonomi, dan saling bertukar pandangan mengenai berbagai isu di kawasan," ujar Presiden dalam keterangan pers virtual, selasa (25/1/2022).

Presiden mengatakan dalam hal penguatan kerja sama pemulihan ekonomi, Singapura merupakan investor terbesar di Indonesia. Investasi Singapura di Indonesia pada bulan Januari sampai September 2021 senilai 7,3 miliar dolar AS.

Menurut Presiden, pertemuan retreat mencatat adanya investasi baru senilai 9,2 miliar dolar AS, antara lain di bidang energi baru terbarukan, di sekitar Batam dan Pulau Sumba dan Manggarai Barat, NTT, serta pembangunan hub logistik di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Investasi di bidang energi dan energi terbarukan terus menjadi prioritas pemerintah Indonesia dalam rangka memajukan ekonomi hijau dan berkelanjutan," kata Presiden.

Untuk mendukung iklim investasi hijau, demikian lanjut Presiden, dalam rangkaian pertemuan retreat tersebut telah ditandatangani sejumlah MoU antara lain, MoU kerja sama energi dan MoU kerja sama green and circular economy development.

Selain itu, guna terus menjaga stabilitas finansial dan moneter untuk mendukung pemulihan ekonomi telah ditandatangani pula beberapa kerja sama. Salah satunya MoU kerja sama keuangan

"Pada bulan November 2021 kerja sama local currency bilateral swap agreement dan bilateral repo line telah diperpanjang 1 tahun," demikian ujar Presiden RI Jokowi saat bertemu PM Singapura Lee Hsien Loong. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.