Ekonomi

Menkeu RI: Kemungkinan Perekonomian Indonesia Minus Sampai Akhir Tahun

Selasa, 25 Agustus 2020 - 16:21
Menkeu RI: Kemungkinan Perekonomian Indonesia Minus Sampai Akhir Tahun Ilustrasi ekonomi Indonesia minus sampai akhir tahun (FOTO: Pixabay)

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTA – Menteri Keuangan RI atau Menkeu RI Sri Mulyani mengatakan kemungkinan perekonomian Indonesia berada di zona negatif sampai akhir tahun 2020. Hal ini disebabkan karena ekonomi pada kuartal I-2020 tumbuh 2,97% dan di kuartal II-2020 kontraksi 5,32%.

Dirinya menambahkan jika dilihat dari kondisi outlook, downside risk menjadi lebih besar. Hal ini menunjukan kemungkinan perekonomian akan berada di zona negatif di keseluruhan tahun.

“Downside menjadi tanda yang cukup nyata yang harus kita kelola di kuartal II dan IV. Ekonomi sepanjang 2020 ini diperkirakan minus 1,1 persen sampai positif 0,2 persen ," tegas Sri Mulyani, Selasa (25/8/2020).

Dirinya juga meyakini konsumsi pemerintah akan tumbuh positif seiring stimulus dan upaya pemulihan ekonomi nasional.

"Untuk konsumsi pemerintah akan positif seiring APBN kita alami perubahan dengan stimulus dan penanganan ekonomi pada kuartal III dan kuartal IV. Ini akan memberikan kontribusi positif, sehingga growth-nya antara 2-4," katanya.

Kemudian, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang kontraksi di kuartal II-2020 diperkirakan balik positif. Sedangkan ekspor masih berada di zona negatif antara minus 5,4% hingga minus 4,4% dan impor masih terkontraksi.

Kemungkinan Resesi Ekonomi Indonesia

Resesi ekonomi terjadi ketika sebuah negara mengalami kontraksi atau ekonominya minus selama dua kuartal berturut-turut. Nah, ekonomi Indonesia sendiri sudah minus 5,3% di kuartal II-2020.

Sementara di kuartal I-2020 masih positif 2,97% jadi Indonesia belum masuk resesi. Jadi jika di kuartal III-2020 ekonomi kembali negatif, bisa dipastikan Indonesia resesi.

Menurutnya, dengan melihat kondisi outlook perekonomian Indonesia, downside risk menjadi lebih besar, atau kemungkinan perekonomian akan berada pada zona negatif keseluruhan tahun. Downside menjadi tanda yang cukup nyata yang harus kita kelola di kuartal III dan IV. "Outlook dari kami GDP kita ada di keseluruhan tahun di minus 1,1% hingga positif 0,2%," ucap Menkeu RI. (*)

Pewarta : Farida Umami Ramadhansi (MG-234)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.