Ekonomi

Subsidi Pupuk Dicabut Bikin Petani di Probolinggo Resah, DPRD: Hapus Saja Semuanya

Rabu, 03 Agustus 2022 - 14:08
Subsidi Pupuk Dicabut Bikin Petani di Probolinggo Resah, DPRD: Hapus Saja Semuanya Hearing DPRD Kabupaten Probolinggo bersama sejumlah organisasi beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Sebagian besar petani di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, diresahkan dengan dicabutnya empat jenis pupuk bersubsidi oleh pemerintah. Menanggapi hal itu, DPRD setempat menyarankan agar pemerintah untuk menghapus seluruh pupuk bersubsidi itu.

"Lebih baik subsidi itu dihapus saja semuanya. Petani nanti bisa menggunakan pupuk organik atau pupuk non subsidi," kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo, Mohammad Yasin, Rabu (3/8/2022).

Sebab, menurut dia, dihapusnya subsisi empat jenis pupuk itu tidak akan menjawab keresahan petani. Justru sebaliknya, petani akan semakin ramai seperti yang terjadi saat ini.

DPRD-Kabupaten-Probolinggo-2.jpgHearing bersama para komunitas pecinta musik yang dilakukan beberapa bulan lalu. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

Yasin, juga berpendapat agar pemerintah lebih baik menghapus seluruh subsidi tersebut, termasuk pada jenis pupuk Urea dan NPK. Akan tetapi, subsidi itu tidak dihapus begitu saja, melainkan dialihkan pada hasil tanam pertanian para petani.

"Kita punya BUMDes, kita punya resi gudang. Ini harus dimanfaatkan. Atau bisa dengan lembaga pemerintah lainnya," ucap politisi dari fraksi PPP itu.

Dengan mengalihkan subsidi pada hasil tanam petani, kata dia, tentu petani akan sangat terbantu. Ia mengibaratkan, ketika harga gabah rusak, pemerintah membeli hasil tanam itu dengan harga tinggi dari petani lokal. Sehingga petani tetap akan diuntungkan dan perekonomian tetap membaik.

Ketika gabah itu menjadi beras dan dijual ke masyarakat, kata Yasin, harus diedarkan dengan harga yang murah. "Nah di sini subsidi itu akan sangat berdampak sangat baik pada petani. Masyarakat akan sangat terbantu dengan hasil tanam yang terjual mahal," pungkasnya.

Sekedar informasi, Kementerian Pertanian (Kementan) RI telah resmi memberikan subsidi hanya pada pupuk jenis Urea dan NPK. Pupuk subsidi itu pun hanya dapat digunakan petani pada sembilan jenis komoditi tanaman. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.