Ekonomi

Sah, DPR RI Setujui Penyesuaian Anggaran Kemenkeu RI Tahun 2022

Rabu, 22 September 2021 - 16:05
Sah, DPR RI Setujui Penyesuaian Anggaran Kemenkeu RI Tahun 2022 Menteri Keuagan RI Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (FOTO: Kemenkeu RI)

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTA – Komisi XI DPR RI menyetujui penyesuaian hasil Badan Anggaran (Banggar) DPR RI atas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu RI) Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp44,01 triliun, yang akan digunakan untuk tiga fungsi utama.

"Fungsi yang besar adalah pelayanan umum, karena kami mengelola keuangan negara yang memang tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan kepada seluruh negara dan masyarakat," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Ia memerinci keempat fungsi tersebut yakni pelayanan umum sebesar Rp40,41 triliun, ekonomi Rp189,51 miliar, dan pendidikan Rp3,41 triliun. Anggaran fungsi pelayanan umum akan dialokasikan untuk program dukungan manajemen senilai Rp37,47 triliun.

 Program pengelolaan belanja negara Rp17,34 miliar, program pengelolaan penerimaan negara Rp2,69 triliun, program kebijakan fiskal Rp35,54 miliar, serta program pengelolaan perbendaharaan, kekayaan negara, dan risiko Rp178,03 miliar.

Kemudian, Sri Mulyani menjelaskan anggaran fungsi ekonomi akan mencakup program pengelolaan penerimaan negara sebesar Rp1,34 miliar dan program dukungan manajemen Rp188,17 miliar.

Sementara untuk fungsi pendidikan akan dialokasikan untuk program dukungan manajemen sebesar Rp3,41 triliun. "Fungsi pendidikan terutama karena kami mengelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)," ucap orang nomor 1 Kemenkeu RI itu dalam RDP bersama Komisi XI DPR RI. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.