https://probolinggo.times.co.id/
Ekonomi

Pabrik Siap Beli 30 Ribu Ton Tembakau Milik Petani Probolinggo

Senin, 24 Mei 2021 - 12:05
Pabrik Siap Beli 30 Ribu Ton Tembakau Milik Petani Probolinggo Petani di Kabupaten Probolinggo sedang panen tembakau di sawahnya. (Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Kabar terbaru bagi petani tembakau di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Untuk musim tanam tembakau tahun 2021 ini, pihak gudang yang akan menyalurkan tembakau ke pabrik rokok meyatakan akan membeli dari petani sebanyak 30 ton.

Hal ini setelah pihak  Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo, melakukan koordinasi dengan gudang-gudang tembakau yang ada di wilayah setempat.

“Dari hasil koordinasi itu, semua gudang siap membeli tembakau petani Kabupaten Probolinggo pada tahun 202,” kata Kabid Perkebunan pada DKPP setempat, Nurul Komaril Asri, Senin (24/5/2021) kepada wartawan.

PETANI B

Ia menyampaikan, koordinasi itu yang dilakukan dengan pihak gudang melalui via teletpon, dan surat menyurat melalui pos.”Untuk koordinasi tatap muka kami masih belum melakukanke pihak gudang, karena masih harus mentaati aturan di masa pandemi saat ini,” terangnya.

Rinciannya menurut Nurul Komaril, jika ditotal pihak gudang dapat menampung 13 ribu ton tembakau. Sekitar ada 7 gudang tembakau di Kabupaten Probolinggo, baik itu yang aktif maupun yang masih belum aktif membeli tembakau dari petani.

Sementara itu, berdasarkan data yang ada lanjut Nurul komaril, luas area tanaman tembakau yang ditargetkan mencapai 10.774 hektare dapat menghasilkan sekitar 12 ribu ton tembakau. Sehingga besar peluang untuk tembakau lokal bakal laku semua. Terlebih pihaknya meminta kepada pihak gudang agar tidak membeli tembakau dari daerah luar.

“Kami menyarankan bagi para petani tembakau di Kabupaten Probolinggo, untuk memulai masa tanam tembakau nanti bisa dimulai sejak akhir bulan Mei 2021 mendatang,” ucapnya.(*)

Pewarta : Dicko W
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.