https://probolinggo.times.co.id/
Ekonomi

Tembakau Paiton VO Tetap Terbaik di Kabupaten Probolinggo

Rabu, 02 Juni 2021 - 12:34
Tembakau Paiton VO Tetap Terbaik di Kabupaten Probolinggo Petani di Kabupaten Probolinggo sedang panen tembakunya.(Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGOTembakau varietas Paiton VO hingga kini masih menjadi kualitas terbaik di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, di antara tujuh kecamatan yang menghasilkan tembakau.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani tembakau dan meningkatakan mutu serta kualitas tembaku dengan meningkatkan produktifitas hasil panen.

"Tembakau varietas Paiton VO tetap menjadi kualitas terbaik di Kabupaten Problinggo," kata Kepala DKPP Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi melalui Kasi Tanaman Perkebunan Semusim Evi Rosellawati, Rabu (2/6/2021). 

tembakau b

Dengan begitu, pihak DKPP mengumpulkan para petani yang tergabung falam kelompok tani tembaku untuk peningkatan kualitas dan mutu tembaku di Kecamatan Paiton. Kegiatan ini dilaksanakan di 4 (empat) kecamatan potensi tembakau meliputi Paiton, Kotaanyar, Pakuniran dan Besuk.

“Peningkatan mutu dan kualitas tembakau varietas Paiton VO ini dilakukan dengan langkah-langkah preventif awal maupun saat pelaksanaan penanaman tembakau. Upaya preventiff dilakukan melalui SLPHT (Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu) serta penyediaan benih unggul berupa benih yang berserfitikat,” ungkapnya.

Pemkab Probolinggo kata Evi, berharap tanaman tembakau varietas Paiton VO bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Karena Paiton VO ini merupakan salah satu kekayaan Kabupaten Probolinggo, yang harus tetap eksis dan bertahan.(*)

Pewarta : Dicko W
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.