Gaya Hidup

The Ming Cu, Bos Spider Lover Petshop yang Akrab Sama Tarantula

Jumat, 05 Agustus 2022 - 04:39
The Ming Cu, Bos Spider Lover Petshop yang Akrab Sama Tarantula The Ming Cu, owner Spider Lover Petshop Bandung. (Foto: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, BANDUNG – Kegemarannya bermain di hutan ditambah ketertarikan terhadap tarantula membawa peruntungan bagi The Ming Cu (34). Ming Cu kini membuka usaha Spider Lover Petshop dan meraup untung puluhan juta dari usaha tersebut.

Lebih dari 3.000 jenis tarantula dipelihara Ming Cu bisa ditemukan di Spider Lover Petshop di Jalan Belakang Otista 292 Nomor 112, Kota Bandung.

Bisnis jual beli dan ternak tarantula ini sudah dilakoni Ming Cu sejak 2010. Awalnya, ia mengaku terkesima dengan bentuk hewan berkaki delapan tersebut.

“Awalnya karena ngelihat laba-laba dan saya suka (dengan laba-laba tadi). Akhirnya saya memelihara laba-laba tersebut,” ucap Ming Cu.

Spider-Lover-Petshop-2.jpg

Dari situlah, Ming Cu memelihara dan berbisnis tarantula. Ia kemudian membeli tarantula kecil yang diimpor dari Filipina. Awalnya, ia membeli 20 ekor tarantula dengan jenis Caribena versicolor dengan modal kurang dari Rp5 juta.

Tarantula itu lalu diberi makan dan dibesarkan. Hingga kini, lebih dari 3.000 ekor tarantula ada di rumahnya.

Setelah menjadi bisnis, Ming Cu mengirim tarantula miliknya ke berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, ia juga pernah mengirim tarantula ke luar negeri.

Harga tarantula yang dijual Ming Cu bervariatif. Seekor tarantula bisa dibanderol Rp50 ribu hingga jutaan rupiah. Adapun beberapa jenis tarantula yang dijual di sini antara lain: Chromatopelma cyaneopubescens, Poecilotheria spp, Nhandu tripepii, Typhochlaena seladonia dan Caribena versicolor.

Spider-Lover-Petshop-3.jpg

“Macam-macam. Antara Rp50 ribu sampai jutaan dan tergantung jenisnya. Pernah menjual paling mahal jenis seladonia ukuran anakan seharga Rp7,5 juta dari Amerika,” ungkap Ming Cu.

Dari bisnis jual beli tarantula tersebut, Ming Cu meraup omzet mulai dari Rp10-20 juta rupiah. Ia juga kini memiliki 3 orang karyawan yang bertugas tiap harinya.

Penjualan tarantula yang dijalankan The Ming Cu dilakukan secara daring maupun luring. Ia membuat situs web spiderloverpetshop.com. Melalui situs web Spider Lover Petshop tersebut, ia menjual beragam jenis tarantula dan alat-alat pemeliharaannya.(*)

Pewarta : Iwa Ahmad Sugriwa
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.