Gaya Hidup

Ini Lima Keuntungan Liburan Road Trip Saat Pandemi

Senin, 23 Agustus 2021 - 17:10
Ini Lima Keuntungan Liburan Road Trip Saat Pandemi ILUSTRASI - Liburan Road Trip. (FOTO: Pixabay)

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTA – Berlibur sudah menjadi salah satu kebutuhan setiap orang. Tidak perlu terlalu fancy karena kata berlibur banyak maknanya. Sekedar mengunjungi wisata di dalam kota yang buka atau mengendarai mobil pribadi ke kota terdekat pun sudah termasuk liburan.

Namun di masa pandemi ini ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan jika ingin berlibur. Mulai dari masalah kesehatan hingga banyaknya wisata yang tutup sementara karena pandemi.

Namun di masa adaptasi kebiasaan baru ini, liburan dengan road trip jadi salah satu tren yang semakin digemari. Alternatif liburan seru dan tetap aman ini memang bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin melepas penat dengan cara yang aman. Hal ini karena dengan naik mobil pribadi, Anda tahu kebersihan mobil yang dipakai serta tidak perlu berinteraksi dengan banyak orang.

Meski butuh banyak persiapan dan stamina untuk menyetir jarak jauh, namun road trip juga punya banyak keuntungan lho! Berikut ini ada lima keuntungan liburan road trip bersama keluarga maupun sahabat yang bisa Anda rasakan.

1. Hilangkan kejenuhan dengan efektif

Terlalu lama WFH maupun tidak bebas kemana-mana selama pandemi memang bisa buat siapa saja merasa stress dan jenuh. Mau pergi liburan dengan transportasi umum pun banyak syarat tambahan seperti PCR maupun rapid test. Belum lagi potensi bertemu banyak orang asing selama perjalanan begitu besar yang juga memperbesar kemungkinan terpapar virus corona.

Nah, dengan road trip Anda bisa menghilangkan kejenuhan dengan menyetir mobil sendiri ke kota idaman. Selama perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan yang berbeda dari sehari-hari yang bisa bangkitkan mood. Perasaan yang senang dan bahagia selama perjalanan bisa usir rasa stress yang mungkin sudah menumpuk.  Namun perlu digaris bawahi untuk memilih kota tujuan yang masuk zona hijau corona agar lebih aman saat disinggahi nantinya.

2. Lebih fleksibel

Karena perjalanan road trip menggunakan mobil pribadi, jadi Anda tidak perlu terburu-buru selama di jalan. Anda bisa menikmati waktu perjalanan dengan mengobrol bersama keluarga dengan tidak kehilangan fokus saat menyetir. 

Selain itu model liburan seperti ini tidak terikat dengan waktu maupun aturan karena Anda bebas menentukan kota tujuan, kecepatan dalam membawa mobil, spot-spot yang ingin didatangi dan juga bebas meruah itinerary mau kemana saja asal tempat wisatanya buka dan sudah mempraktikkan protokol kesehatan yang baik.

3. Lebih murah

Tergantung jenis mobil yang Anda miliki, namun umumnya mobil bisa menampung banyak orang sekaligus sehingga lebih murah jika harus naik transportasi umum dimana setiap orang harus bayar tiket. Saat road trip bersama keluarga, Anda hanya akan mengeluarkan biaya bahan bakar dan jalan tol (jika masuk tol). Dan jika pergi bersama teman, Anda juga perlu membagi biaya makan dan wisata ke semua orang yang ikut road trip. Model liburan dengan sharing cost seperti ini tentunya lebih murah bukan?

4. Bisa kunjungi banyak destinasi sekaligus

Keuntungan road trip lainnya adalah bisa mengunjungi banyak destinasi sekaligus, entah itu kota maupun tempat wisata. Hal ini karena Anda memiliki kendali atas rute yang hendak didatangi serta lebih fleksibel dalam memilih tempat wisata yang ingin dikunjungi. 

Anda bebas berhenti kapanpun dan dimanapun sesuai keinginan kesepakatan dengan anggota keluarga maupun teman yang ikut road trip. Hal ini tentunya membuat Anda punya banyak kesempatan mengeksplor berbagai tempat wisata maupun kota baru tanpa khawatir bertemu dengan banyak orang.

5. Perencanaan lebih sederhana

Dibanding pergi liburan dengan transportasi umum di masa pandemi ini, liburan dengan road trip jauh lebih sederhana dari segi persiapan. Anda hanya perlu memperhatikan kondisi mobil agar tahan dibawa perjalanan jauh, membersihkan interior dan eksterior mobil agar lebih aman saat berkendara dan membawa barang-barang seperlunya.

Namun Anda tak boleh lupa bawa barang-barang wajib bepergian saat pandemi seperti masker dan cadangannya, hand sanitizer, tisu antiseptik, tisu kering dan juga desinfektan untuk memastikan kondisi kebersihan diri dan sekitar Anda tetap terjaga. Jangan lupa juga bawa tempat minum dan cutlery set pribadi untuk menjaga kebersihan dan keamanan diri selama bepergian. 

Nah itulah tadi lima keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih melakukan road trip untuk berlibur dan menghilangkan stres di masa pandemi ini. Selain aman dan lebih murah, liburan road trip juga jadi cara efektif mencari udara segar dan pemandangan baru untuk membuat Anda dan keluarga kembali segar dan ceria.

Tertarik untuk road trip? Jangan lupa juga siapkan barang-barang penting untuk aktivitas outdoor agar liburan Anda makin nyaman dan tetap aman. Jika tak ingin repot, borong saja koleksi produk road trip dari EIGER yang sudah terjamin kualitasnya. Anda bisa membeli travel organizer, masker, hand sanitizer, car seat organizer, cutlery set hingga botol minum dengan insulasi yang praktis dibawa ke mana-mana di Eiger Lazmall. Dengan persiapan yang matang, road trip pun dijamin menyenangkan dan juga tetap aman. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan saat liburan ya! (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.