Gaya Hidup

Ingin Hidup Lebih Tentram? Coba Terapkan Filosofi Stoicism

Jumat, 05 Agustus 2022 - 06:20
Ingin Hidup Lebih Tentram? Coba Terapkan Filosofi Stoicism Ilustrasi saat seseorang merasa bahagia dengan dirinya (FOTO: Freepik.com)

TIMES PROBOLINGGO, MALANG – Seseorang acapkali dihadapkan dengan berbagai hal yang membuat mereka menjadi cemas dan khawatir. Hal ini sangat lumrah terjadi kepada setiap orang. Namun, terdapat sebuah filosofi yang menyatakan bahwa setiap orang dapat mengontrol emosi yang ada di dalam dirinya dan dapat mulai mencoba untuk menikmati serta mensyukuri apa yang sudah ada.

Banyak orang yang lebih fokus dengan hal-hal yang ada di luar kendali mereka. Padahal banyak hal di dunia ini yang dapat lebih mudah dijangkau. Ketika seseorang berusaha mengejar atau terlalu fokus pada hal yang sulit dikendalikan, bukan tidak mungkin jika mereka akan khawatir dan tidak merasakan kebahagiaan. Realitanya, kebahagiaan justru terbentuk ketika seseorang memfokuskan dirinya kepada hal yang mudah dikendalikan.

Stoicism, sebuah filosofi Yunani yang menyatakan bahwa kebahagiaan diciptakan oleh diri sendiri. Para filsuf kuno juga menyatakan bahwa kebahagiaan pada dasarnya tidak untuk dikejar. Mereka lebih berfokus untuk mengurangi energi negatif seperti marah atau kecewa. Ketika energi negatif mulai terkontrol dengan baik, maka seseorang akan lebih mudah untuk mengendalikan diri mereka. 

Menurut para filsuf kuno, apapun yang terjadi kepada manusia bersifat netral. Tidak ada yang baik ataupun buruk. Baik buruknya sesuatu ada karena pandangan manusia itu sendiri. 

Stoicism menekankan bahwa manusia harus bertanggungjawab atas segala sesuatu yang mereka kerjakan. Konsep ini menganggap bahwa penderitaan yang dialami oleh manusia disebabkan oleh manusia itu sendiri. 

Dalam stoicism, terdapat beberapa jalan untuk mendapatkan kebahagiaan, seperti:

  1. Kemampuan dalam melihat diri sendiri, dunia, serta manusia lain secara objektif dan menerima sifat mereka dengan apa adanya.

  2. Disiplin untuk mencegah diri sendiri dikendalikan oleh keinginan untuk bahagia atau takut terhadap rasa sakit dan juga penderitaan.

  3. Memahami perbedaan antara apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan.

Pada dasarnya, memang manusia sendiri yang dapat menentukan titik dan tempat dimana ia dapat bahagia. Manusia hanya diminta untuk fokus terhadap apa yang bisa mereka kendalikan untuk meraih kebahagiaan. Karena pada hakikatnya, hanya diri sendirilah yang dapat menciptakan kebahagiaan itu.

Bagi Anda yang ingin memulai prinsip hidup dengan stoicism, Anda dapat memulai dari hal di bawah ini:

1. Belajar untuk mengendalikan pikiran

Tidak semua hal di dunia ini sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kita tidak bisa mengontrol orang lain. Ketika ada sebuah hal yang menyakiti hati dan pikiran Anda, mulailah untuk mencoba mengendalikan emosi. Pada dasarnya, semua pemikiran yang membuat penat adalah penilaian kita sendiri.

2. Melatih pikiran

Semua emosi yang ada dalam diri manusia hakikatnya berasal dari diri mereka sendiri. Mengendalikan diri sendiri secara perlahan-lahan akan membuat pikiran dan hati menjadi tenang.

3. Fokus kepada diri sendiri

Tidak ada yang mengetahui kunci kebahagiaan seseorang kecuali dirinya sendiri. Menurut Marcus Aurelius, apa yang kita dengar itu hanyalah opini, bukan kebenaran, dan apa yang kita lihat adalah perspektif, bukan fakta.

4. Sederhanakan suatu masalah

Memperumit sebuah masalah adalah penderitaan dan akan memperpanjang masalah. Jangan memperpanjang masalah yang sebenarnya dapat diselesaikan dengan baik. Itu hanya akan menghabiskan tenaga dan pikiran Anda.

5. Mulai untuk menerima apapun dengan bersyukur

Kunci dari segala-galanya adalah bersyukur. Ketahui bahwa dunia ini tidak berputar pada kita saja. Banyak hal yang akan terjadi di luar kendali kita. Filosofi stoicism menganggap bahwa apapun yang terjadi sudah ada garis yang mengatur. Tugas manusia hanyalah menerima dan mengusahakan yang terbaik untuk dirinya. Kebahagiaan memang hanya tercipta dari diri kita sendiri. Ayo mulai hapus dan ganti segala hal dengan sesuatu yang membahagiakan. Remember, you deserve to be happy!. (*)

Pewarta : Firda Aulia Rachmasari (MG-415)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.