Hukum dan Kriminal

Jika Sudah Tersangka di KPK RI, NasDem Bakal Pecat Hasan Aminuddin

Senin, 30 Agustus 2021 - 13:41
Jika Sudah Tersangka di KPK RI, NasDem Bakal Pecat Hasan Aminuddin Ketua Fraksi Partai NasDem Ahmad Ali menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers seputar penangkapan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari yang menyeret kadernya Hasan Aminuddin (FOTO: Sumitro)

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTA – Ketua Fraksi DPR RI Partai NasDem Ahmad Ali membenarkan salah satu kadernya turut diamankan oleh KPK RI dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari. Kader dimaksud adalah Hasan Aminuddin yang merupakan anggota DPR RI periode 2014-2019 dan 2019-2024 dari Fraksi NasDem. Hasan Aminuddin juga pernah menjabat sebagai Bupati Probolinggo dua periode yakni 2003-2008 dan dan 2008-2013.

Ketua Fraksi NasDem Ahmad Ali mengaku kaget dengan OTT yang melibatkan Hasan Aminuddin di Pemkab Probolinggo. Namun demikian, NasDem menghargai proses yang tengah berlangsung di komisi anti rasuah tersebut dan menunggu keputusan resmi dari KPK.

"Yang saya tahu, beliau ini orang baik tapi kami masih menunggu sampai proses ini selesai," kata Ali kepada Wartawan, Senin (30/08/2021).

Di sisi lain, Ketua Fraksi NasDem menegaskan jika di internal partainya memiliki standar operational procedure (SOP) jika ada kader mereka yang terjerat kasus hukum, dalam hal ini terjaring OTT KPK.

Apabila ujungnya ditetapkan sebagai tersangka, Wakil Ketua DPP Nasdem itu menyatakan kader bersangkutan secara otomatis dinyatakan mengundurkan diri dan atau diberhentikan dari Partai Nasdem.

Ditambahkan, pihaknya mengingatkan semua pihak sebaiknya menahan diri terlebih dahulu sebelum ada sikap resmi dari KPK. Dengan begitu tidak muncul asumsi-asumsi berlebihan karena justru dikhawatirkan akan menimbulkan kegaduhan.

"Tapi kami belum bisa berandai-andai. Masih menunggu sikap resmi KPK," tuturnya.

Sebagai informasi, Hasan Aminuddin merupakan anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Fraksi NasDem dan saat ini Hasan juga merupakan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI. Ia juga pernah menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Probolinggo periode 1999-2003 dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Hasan tercatat sebagai Ketua DPW PKB Jawa Timur sejak 2007-2009 kemudian setahun setelahnya menjabat sebagai Ketua DPW Ormas NasDem Jawa Timur.

Sedangkan Puput Tantriana Sari menjadi Bupati Probolinggo sejak 2013 dengan diusung Partai NasDem. Ahmad Ali belum dapat memastikan apakah Puput juga merupakan kader Partai NasDem. "Biasanya kalau suaminya NasDem, istrinya juga. Tapi saya harus cek dulu," pungkas Ahmad Ali.(*)

Pewarta : Haris Supriyanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.