Hukum dan Kriminal

Sebarkan Hoaks Megawati Koma, PDI Perjuangan Laporkan YouTuber ke Polisi

Kamis, 16 September 2021 - 10:32
Sebarkan Hoaks Megawati Koma, PDI Perjuangan Laporkan YouTuber ke Polisi Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPD PDI Perjuangan, Ronny Talapesi saat memberikan keterangan persnya di Polda Metro Jaya pada Rabu (15/09/2021) kemarin. (Foto: Dok. Humas Polri)

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTA – DPD PDI Perjuangan melaporkan YouTuber Hersubeno Arief di SPKT Polda Metro Jaya pada Rabu (15/09/2021) kemarin. Laporan tersebut diterima penyidik dengan nomor surat LP/B/4565/IX/SPKT/Polda Metro Jaya. Hersubeno dilaporkan terkait dengan unggahan hoaks dalam kanal YouTube yang menyebut Megawati Soekarnoputri mengalami koma dan tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta.

“Soal Ibu Megawati Soekarnoputri mengalami sakit atau koma, kami resmi melaporkan, terlapornya Hersubeno Arief dan kawan-kawan,” kata Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan DPD PDI Perjuangan, Ronny Talapesi dikutip dari keterangan tertulis Polda Metro Jaya, Kamis (16/09/2021).

Dalam hal ini sejumlah barang bukti, termasuk video unggahan telah diserahkan ke polisi.

Ronny Talapesi 2Tangkapan layar YouTube Hersubeno Point yang mengabarkan Megawati Soekarnoputri tengah kritis di Rumah Sakit. (Foto: Tangkapan layar YouTube Hersubeno Point)

“Kami siapkan bukti transkrip dari beberapa media online kemudian ada juga video yang dimasukan ke dalam flashdisk serta menyiapkan beberapa saksi,” terangnya.

“Menurut kami, ini sangat berbahaya karena yang disampaikan terlapor, dia mendapatkan informasi dari seorang dokter dan menyebut informasi ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sakit itu valid 1.000 persen. Jelas ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan hal yang tidak baik,” sambung Ronny.

Terkait dengan unggahan tersebut, Hersubeno disangkakan dengan Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45 ayat a UU ITE dan Pasal 14 atau 15 UU Nomor 1 tahun 1946  tentang Peraturan Hukum Pidana.

Sebagai informasi, YouTuber Hersubeno Ariefdilaporkan ke polisi lantaran mengabarkan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri koma dan dirawat di RSPP. Video tersebut tayang melalui channel Hersubeno Point dan telah ditonton lebih dari 400 ribu orang. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.