Berita

Rajin Berbagi Makanan dan Biayai Kursus Komputer dan Bahasa Inggris, Kades Kawunghilir Dijuluki Kuwu Sultan

Rabu, 03 Agustus 2022 - 11:25
Rajin Berbagi Makanan dan Biayai Kursus Komputer dan Bahasa Inggris, Kades Kawunghilir Dijuluki Kuwu Sultan Kepala Desa Kawunghilir, Hj Yosa Novita tengah membagikan makanan. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, MAJALENGKA – Selain memberikan dana pinjaman sebesar Rp200 juta untuk mencegah rentenir atau bank Emok masuk ke Desa Kawunghilir, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kepala desa perempuan ini, juga telah membiayai kursus komputer dan bahasa Inggris sebanyak 30 anak. 

Mengikuti aktivitasnya menyapa warga, Kades Kawunghilir, Yosa Novita juga hafal setiap nama-nama warga yang ditemuinya. 

Setiap hari, selain olahraga jalan kaki mengelilingi setiap jalan gang yang sudah teraspal hotmik itu, Yosa juga kerap membagikan makanan-makanan yang dimasaknya sendiri bersama para asistennya. 

Kades-Kawunghilir-2.jpg

"Hari ini saya masak bubur sumsum, saya bagikan untuk warga lansia. Senang ajah bisa berbagi, jadi bagi saya berbagi itu bukan hanya hari Jumat, setiap hari, kalau di rumah saya ada kelebihan makanan, saya bagikan," ungkapnya, sambil membagikan bubur sumsum kepada warganya, Rabu, (3/8/2022). 

Yosa menambahkan, berbagi tentang apa saja, menurutnya adalah suatu kegembiraan. Bahkan, demi Sumber Daya Manusia (SDM) di Kawunghilir ini semakin baik di masa depan, ia rela merogoh uang pribadinya membiayai 30 anak untuk belajar kursus Komputer dan Bahasa Inggris. 

"Semua akomodasi, ongkos, perlengkapan belajar semuanya saya tanggung. 30 anak itu sekarang sudah lulus, bisa komputer dan bahasa Inggris," ujarnya. 

Kades-Kawunghilir-3.jpg

Tak berhenti sampai di situ, Yosa juga sering membagikan beras hasil panennya kepada masyarakat Kawunghilir. Gaji sebagai kepala desanya ia berikan untuk gaji RT dan RW juga hansip dan para guru ngaji serta guru kelompok bermain (kober). 

"Bukan berarti saya riya, ini amanah dari almarhum suami saya. Sementara untuk kecukupan kebutuhan keseharian saya, alhamdulillah saya sudah cukup Rizqi," ungkap kuwu Kawunghilir yang dijuluki Kuwu Sultan di Kabupaten Majalengka ini. (*)

Pewarta : Herik Diana (MG-406)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.