Olahraga

Renang dan Atletik Dominasi Perolehan Emas Indonesia

Kamis, 04 Agustus 2022 - 08:06
Renang dan Atletik Dominasi Perolehan Emas Indonesia Ilustrasi - Medali ASEAN Para Games 2022 (Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom)

TIMES PROBOLINGGO, SURAKARTA – Kontingen Indonesia terus memperkuat posisi puncak klasemen sementara ASEAN Para Games 2022. Dua cabor kembali memperkuat perolehan medali di hari ketiga, ajang yang diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/8/2022).

Kedua cabor yang menorehkan medali emas terbanyak yakni cabor renang dan atletik. Data dari halaman resmi ASEAN Para Games 2022,Indonesia memimpin perolehan medali dengan mengantongi 87 emas, 66 perak dan 50 perunggu.

Thailand berada pada urutan kedua dengan 63 medali emas, 56 perak dan 39 perunggu. Disusul Vietnam dengan 31 emas, 33 perak 22 perunggu.

Dari 11 negara peserta hanya Brunei Darussalam yang belum memperoleh satu pun medali dalam pesta olahraga untuk penyandang disabilitas ini.

Para atletik dan para renang yang banyak menyediakan medali, dapat dimanfaatkan oleh atlet-atlet Indonesia secara optimal. 

Tercatat dalam para atletik ada tambahan 12 medali emas bagi Indonesia, dengan demikian dari cabang ini saja tuan rumah sudah mengoleksi 30 medali emas, plus 19 perak dan 13 perunggu.

Dari arena atletik di Stadion Manahan, Solo, tersebut juga muncul bintang-bintang yang memberi kontribusi besar.

Di antaranya Sapto Yogo Purnomo yang merebut emas ketiga dengan menjuarai nomor lari 400 meter T37 putra.

Tiga emas juga diraih atlet putri Nanda Mei Solihah setelah menjadi yang terbaik dalam nomor lari 400 meter T47.

Sebelumnya Nanda Mei juga meraih medali emas untuk nomor lari 100 meter dan 200 meter.

Kejayaan tuan rumah juga terpantau di lintasan renang Stadion Jatidiri Semarang. Kejayaan ini ditorehkan atlet para-renang dengan menambahkan 6 medali emas.

Medali emas di antaranya melalui Maulana Rifky Yavianda pada nomor 100 meter gaya bebas S12 dengan mencatatkan waktu tercepat 56,73 detik.

Kedua, Tangkilisan Steven Sualang yang menggondol medali emas nomor 100 meter gaya punggung putra S10 dengan catatan waktu tercepat 1 menit 10,03 detik.

Kemudian, Jendi Pangabean yang meraih dua medali emas dari nomor perseorangan, yakni 100 meter gaya punggung putra S9 dan 100 meter gaya kupu-kupu putra S9.

Selain menjadi juara, dalam cabang renang ini juga terjadi pemecahan rekor oleh atlet-atlet Indonesia.

Maulana Rifky Yavianda yang tampil pada nomor 100 meter gaya bebas S12 mencatatkan waktu 56,73 detik. Catatan waktu itu memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat perenang Thailand Kummoongkoon Tupsit dengan 1 menit 2,57 detik pada 2008.

Kemudian, Tangkilisan Steven Sualang yang mencetak rekor pada nomor 100 meter gaya punggung putra S10 dengan catatan waktu 1 menit 10,03 detik.

Tercatat empat rekor terpecahkan pada lomba renang Rabu.

NPC Indonesia memang telah menetapkan para atletik dan para renang sebagai cabang-cabang andalan bagi Indonesia untuk bisa meraih juara umum.

Sejauh ini prestasi yang telah ditorehkan atlet Indonesia dari kedua cabang ASEAN Para Games 2022 itu sudah cukup optimal dan masih ada peluang lagi untuk menambah medali.(*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.