Olahraga

Antisipasi Aksi Terorisme di PON XX Papua, BNPT RI Kirim Satgas Intelijen  

Kamis, 16 September 2021 - 14:21
Antisipasi Aksi Terorisme di PON XX Papua, BNPT RI Kirim Satgas Intelijen   Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI), Boy Rafli Amar (foto: Dokumen/BNPT)

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI), Boy Rafli Amar menegaskan bahwa jajaranya komitmen mendukung kegiatan Pekan Olahraga Nasional XX di Papua (PON XX Papua). 

BNPT RI saat ini sedang mengirimkan Tim Satgas Intelijen untuk mensukseskan acara tersebut. Dia berharap, dengan adanya pengamanan secara ketat bisa membuat even olahraga terbesar di Indonesia tersebut berhasil.

Boy Rafli juga menegaskan bahwa hal itu dilakukan sebagai bentuk waspada akan kemungkinan terjadinya aksi terorisme ketika perhelatan PON Papua berlangsung. Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak mendukung.

"Kami telah memberikan masukan untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan karena serangan terorisme dalam PON itu adalah keniscayaan. Kami tentu tidak ingin dipermalukan dengan aksi-aksi itu," kata Boy Rafli di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Selanjutnya, dia menjelaskan posisi BNPT dalam acara tersebut. Boy Rafli menyatakan bahwa Polri-TNI yang menjadi ujung tombak pengamanan. Sedangkan BNPT bertugas membantu mengawasi seluruh potensi aksi teror. 

Dia berharap, acara olahraga yang tujuannya untuk mencari atlet profesional Indonesia tersebut, bisa terselenggara dengan baik. Mereka tidak diteror oleh siapapun, dan semua kontingen bisa kembali ke kota masing-masing dengan selamat.

"Leading sektor pengamanan dilaksanakan oleh Polri diback-up unsur TNI. Kami akan berkolaborasi agar acara ini sukses dari awal hingga akhir," pungkas Boy Rafli.

Sebagai informasi, Pekan Olahraga Nasional atau PON Papua siap digelar, pada 2-15 Oktober 2021. Panitia Besar PON XX berharap para utusan masing-masing provinsi dalam pelaksanaan Chef de Mission (CdM) Meeting III, yang digelar secara virtual Sabtu, dapat segera menyampaikan kesiapan Papua untuk jadi tuan rumah.

Ketua PB PON XX Papua Yunus Wonda mengatakan CdM meeting III yang menjadi pembahasan terakhir antardelegasi seluruh kontingen dengan tuan rumah itu hanya membahas pemantapan kesiapan tuan rumah satu bulan jelang penyelenggaraan PON. "Seluruh jajaran panitia sudah siap untuk penyelenggaraan PON, jangan ragu dengan Papua," katanya.

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.