Pendidikan

Produk Halal Jadi Topik Field Trip Study Activities SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

Sabtu, 22 Mei 2021 - 17:47
Produk Halal Jadi Topik Field Trip Study Activities SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Field Trip Study Activities SMA 2 Muhammadiyah Surabaya membahas Produk Halal dengan Narasumber yang Ahli dalam bidangnya (Foto: Gilar Aditiyo/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, SURABAYA – Mengonsumsi dan memproduksi makanan dan minuman yang halal dan aman bagi tubuh adalah hal yang wajib bagi masyarakat muslim. Tidak terkecuali bagi seluruh siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 2 Surabaya yang nantinya akan menjadi insan muslim berkualitas dan berjiwa kewirausahaan khususnya yang produk halal.

Acara Field Trip Study Activities yang diikuti oleh 475 siswa-siswi yang menyajikan beragam pemateri yang diantaranya dari Halal Center UMM Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang, Pusat Kajian Halal ITS, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim.Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang UNESA dan UMKM Kota Surabaya.

Field Trip Study 2

Melalui kegiatan Field Trip Study Activities pada Sabtu,(22/05/2021) yang diselenggarakan secara daring, salah satu pemateri dari Fakultas Sains dan Analitika Data Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Prof. Dr. rer. Nat. Fredy Kurniawan S.Si., M.Si, pada materi menyampaikan bahwa setiap muslim, sebelum mengonsumsi atau memproduksi sebuah produk makanan atau minuman, dituntut untuk memastikan terlebih dahulu kehalalan dan keharamanya melalui pengelolaan terpadu.

“Dalam mengolah makanan dan minuman halal, dibutuhkan sistem yang khusus dalam menjamin kehalalan produk. Salah satunya dengan mengetahui sistem jaminan Halal yang berupa suatu pengelolaan terpadu terhadap bahan, proses, produk, sumber daya manusia," pungkas Fredy pada siswa dan siswi Muhamadiyah 2 Surabaya.

Ia juga memaparkan kepada peserta  bahwa sumber bahan yang digunakan dalam memproduksi makanan, minuman, obat- obatan dan kosmetika hanya ada 2 yaitu hewan dan tumbuhan.

Selebihnya didapatkan dengan bantuan dari bahan lain seperti microbial serta mineral atau campuran lainya. Sumber tersebut harus diperhatikan dalam kehalalan cara pengolahan dan asalnya.

“Dalam bahan hewani, selain memperhatikan asal kehalalan dari hewan tersebut, juga wajib memperhatikan aspek lainya seperti penyembelihannya yang sesuai dengan syariat islam dan pengolahanya. Sama pula dengan bahan Nabati yang dalam pengolahanya, apakah menggunakan bahan tambahan lain yang halal atau haram. Itu yang wajib teman-teman semua perhatikan agar produk yang dihasilkan senantiasa halal dan aman telah melalui sertifikasi halal melalui lembaga resmi,"tambahnya.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, H. Astajab, S.Pd., M.M berharap melalui acara tersebut, para audiens mendapat pembelajaran yang dilaksanakan tidak hanya dikelas saja namun juga di luar kelas. Kemudian bisa dipraktikan sehingga pengetahuan yang dimiliki tidak hanya pengetahuan yang dipahami saja namun juga dapat dikembangkan.“Kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan juga kegiatan yang sangat baik untuk mendapatkan wawasan lebih luas di luar kelas dalam bentuk pengembangan dari dalam sekolah," ucapnya. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.