Pendidikan

Kunjungi Pameran Alutsista di Lippo Plaza Jember, Budi: Saya Ingin Jadi Tentara

Minggu, 23 Agustus 2020 - 21:11
Kunjungi Pameran Alutsista di Lippo Plaza Jember, Budi: Saya Ingin Jadi Tentara Sejumlah pengunjung Lippo Plaza Jember melihat-lihat berbagai senjata yang dipamerkan di pameran alutsista yang dibuka 18 - 23 Agustus 2020. (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, JEMBER – Semangat HUT ke-75 Republik Indonesia terasa hingga Lippo Plaza Jember, Jawa Timur. Hal tersebut terlihat dari ramainya pengunjung di pameran alutsista (alat utama sistem pertahanan) yang dibuka di pusat perbelanjaan terbesar di Kota Suwar-Suwir tersebut.

Berdasarkan pantauan TIMES Indonesia, sejak pameran alutsista dibuka di lantai 3 Lippo Plaza Jember pada 18 Agustus 2020 kemarin, pengunjung berduyun-duyung mendatangi lokasi pameran.

Mereka datang bersama keluarga maupun teman-temannya usai berkeliling di Lippo Plaza Jember.

pengunjung-Lippo-Plaza-Jember-2.jpg

Bahkan, hingga hari terakhir pameran alutsista tersebut pada Minggu (23/8/2020), jumlah pengunjung tampak masih ramai. Namun tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, di antaranya menggunakan masker, dan diimbau mengatur jarak antarpengunjung.

Di lokasi pameran alutsista tersebut, semua perhatian pengunjung tertuju pada berbagai persenjataan yang dipamerkan di sana. 

Di antara senjata yang dipamerkan yakni senapan Mauser, senapan Breen MK III, sejumlah senapan mesin, dan berbagai persenjataan lainnya yang jarang dilihat masyarakat umum.

Tidak hanya memamerkan senjata yang umum dipakai oleh TNI, pameran alutsista tersebut juga memajang berbahai perlengkapan yang digunakan anggota Polri.

Kesempatan melihat secara dekat persenjataan tempur tersebut tidak disia-siakan pengunjung pameran.

pengunjung-Lippo-Plaza-Jember-3.jpg

Mereka mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto dengan latar belakang senjata-senjata yang dipamerkan.

Adis Putri, salah satu pengunjung pameran alutsista asal Kecamatan Jubung mengatakan bahwa dirinya senang dengan adanya pameran alutsista di Lippo Plaza Jember.

"Biasanya di sini tempatnya orang belanja dan makan, tapi menariknya kali ini ada pameran alutsista," kata Adis yang datang bersama teman-temannya.

Dia mengaku dapat mengambil pengetahuan dari pameran tersebut.

"Dari pameran ini saya baru tahu kalau ternyata Indonesia bisa membuat senjata sendiri untuk TNI yakni SS2 V4. Jadi lebih bangga," ungkapnya.

pengunjung-Lippo-Plaza-Jember-4.jpg

Tidak hanya memamerkan persenjataan tempur. Lippo Plaza Jember yang menggandeng TNI dan Polri juga memamerkan sejumlah kendaraan tempur (ranpur) di depan pintu masuk lobi.

Yakni SSE P6 ATAV, kendaraan taktis buatan PT Sentra Surya Ekayaja. Kendaraan yang memiliki bobot sekitar 2,5 ton tersebut dapat membawa 5 personel serta dapat melaju hingga 120 km/jam.

Tidak cuma itu, kendaraan yang dapat bergerak lincah tersebut juga dilengkapi dengan senjata mesin 7.62mm MGs, sehingga menambah kesan taktis dan tangguh di berbagai medan.

Tidak cuma dipamerkan, pengunjung juga bisa mencoba berkeliling dengan SSE P6 ATAV untuk mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan. Namun, jumlah pengunjung yang diberi kesempatan untuk menumpang kendaraan taktis ini dibatasi hanya 100 orang setiap harinya.

Budi Kurniawan, salah satu pengunjung yang beruntung diajak berkeliling dengan SSE P6 ATAV tersebut mengaku senang dengan kesempatan tersebut.

Pelajar berusia 8 tahun tersebut mengaku ingin menjadi anggota TNI usai diajak jalan-jalan dengan kendaraan taktis kebanggaan Indonesia tersebut serta melihat-lihat berbagai senjata di pameran alutsista. 

"Cita-cita saya mau jadi tentara," ujarnya polos di pameran alutsista di Lippo Plaza Jember. (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.