Pendidikan

KH Zuhri Zaini Ingatkan Ekonomi sebagai Sarana Ibadah

Sabtu, 22 Mei 2021 - 18:40
KH Zuhri Zaini Ingatkan Ekonomi sebagai Sarana Ibadah Pengasuh PP Nurul Jadid KH Zuhri Zaini (putih) dalam sebuah acara. (Foto: Istimewa)

TIMES PROBOLINGGO, MALANG – Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, KH Zuhri Zaini, mengajak umat untuk kembali menyeriusi persoalan ekonomi. Ekonomi, menurut Kiai Zuhri, bukan inti ibadah, tapi menjadi salah satu penopang suksesnya ibadah.

Menurut kaidah ushul fiqih, suatu kewajiban yang tidak bisa sempurna kecuali dengan adanya sarana, maka sarana itu juga menjadi wajib.

“Ibadah bisa menjadi tidak tenang, kalau ekonomi belum stabil,” kata Pengasuh Ponpes Nurul Jadid.

Mustasyar PWNU Jawa Timur itu lalu banyak bertutur tentang perjalanan dakwah Islam ke Indonesia yang dibawa oleh para saudagar muslim. Mereka berdakwah dengan tidak meninggalkan usaha (bisnis). Jadi yang masuk pertama kali itu bukan gerakan agama ataupun politik, tapi dagang.

Memang, media untuk mendekati masyarakat yang paling efektif itu, menurut Kiai Zuhri, adalah bisnis. Melalui bisnis, orang bisa masuk tanpa dicurigai. Kalau sudah masuk, baru hal-hal yang lain dapat disampaikan. Temasuk dakwah Islam.

Pesan-pesan Kiai Zuhri itu disampaikan kepada umat melalui pertemuan di serambi Masjid Jami’ Pondok Pesantren Syekh Abdurrahman Rabah, Sumedangan, Pademawu, Pamekasan, Jumat (21/5/2021) malam.

Hadir dalam kesempatan itu beberapa pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Ikatan Alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Korwil Madura, jajaran pengurus KPEU MUI Jatim yang dipimpin oleh Ketua H Noor Shodiq Askandar (Gus Shodiq),  Koordinator Bidang Pengembangan Pondok Pesantren OPOP (One Pesantren One Product) Jawa Timur, Ketua Forum IKM Jawa Timur, Ketua Puskopssim Jawa Timur, Manajer Divisi Syariah Bank Jatim, owner gerai Bebek Nelongso yang kini memiliki 70 gerai di Jatim, serta beberapa pegiat ekonomi yang lain.

Ketua KPEU MUI Jatim, Gus Shodiq, mengaku pihaknya siap memfasilitasi pengembangan ekonomi pesantren, seperti yang diinginkan para kiai. Sebab salah satu bidang garap KPEU MUI Jatim adalah mengembangkan ekonomi pesantren. Jadinya malah klop. Bak gayung bersambut.

“Pesantren ini menjadi salah satu prioritas bidang garap kami. Kami siap memfasilitasi. Monggo sama-sama bergerak dan bersinergi menyongsong era baru kebangkitan ekonomi umat, khususnya di Jawa Timur,” kata Gus Shodiq.

Meski gerakan ekonomi itu sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan, namun KH Zuhri Zaini tetap mengingatkan agar tidak lupa dari tujuan awal, yakni sebagai sarana ibadah. “Jangan sampai kehilangan ruh ibadahnya,” pesan kiai sepuh itu. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.