Wisata

Dibuka Kembali, Pendakian Gunung Semeru Tambah Kuota

Rabu, 19 Mei 2021 - 04:12
Dibuka Kembali, Pendakian Gunung Semeru Tambah Kuota ilustrasi - Semeru (FOTO: papanpelangi.blog)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Pasca penutupan pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur, otoritas setempat kembali membukanya. Tak hanya itu, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) juga menambah kuota pendaki.

Humas BB TNBTS, Sarif Hidayat menyebut, berdasar hasil monitoring dan evaluasi pendakian, kuota pendakian untuk Gunung Semeru dinaikkan menjadi 50 persen. Jumlah itu setara dengan 300 orang pendaki perhari.

“Dengan pembagian 130 pengunjung umum. Serta 170 pengunjung untuk reschedulling. Sebelum penutupan selama leabran 1442 Hijriah, kuotanya hanya 30 persen atau 180 pendaki saja,” terangnya, Selasa (18/5/2021) siang.

Penambahan kuota itu, bukan tanpa pertimbangan. Sebelumnya sudah ada surat dari dirjen untuk memberikan ruang penambahan kuota sampai dengan 50 persen dari kuota normal.

“Selain itu juga untuk mengakomodir pengunjung yang tertunda pada saat penutupan karena kebakaran hutan, erupsi Semeru, pandemi dan lebaran kemarin,” imbuhnya.

Penambahan kuota itu, berlaku sejak 24 Mei 2021. Pembukaan kuota pendakian, dilakukan secara berkala setiap satu bulan sekali. Selambat-lambatnya satu minggu sebelum pergantian bulan.

Bagi calon pendaki yang akan melakukan jadwal ulang atau reschedule, bisa mengunjungi laman resmi BB TNBTS untuk urusan tersebut. Yakni di reschedule.bromotenggersemeru.org. Di laman itu pula, tertulis syarat dan ketentuan apa yang harus dipenuhi calon pendaki. Untuk bisa melakukan jadwal ulang pendakian ke Gunung Semeru, Jawa Timur. (*)

Pewarta : Ryan
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.