Berita

Jelang Yadnya Kasada, Akses ke Gunung Bromo Ditutup

Kamis, 24 Juni 2021 - 18:51
Jelang Yadnya Kasada, Akses ke Gunung Bromo Ditutup Penyekatan di Probolinggo di depan Hotel Sukapura Permai. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Jelang perayaan Yadnya Kasada oleh Suku Tengger, petugas gabungan tutup akses menuju wisata gunung eksotik itu. Penyekatan dilakukan di sejumlah titik, di empat kabupaten dalam kawasan Gunung Bromo Tengger Semeru. Petugas juga lakukan swab di Pura Luhur Poten, laut pasir Bromo.

Upaya itu merupakan langkah pencegahan penularan Covid-19. Agar tidak ada kluster baru penularan Covid-19 dari kegiatan keagamaan Yadnya Kasada. Penyekatan dilakukan serentak di empat kabupaten. Yakni Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Malang dan Pasuruan.

Di Kabupaten Probolinggo, penyekatan dilakukan di depan Hotel Sukapura Permai. Warga yang hendak menuju kawasan Bromo diperiksa. Jika bukan warga setempat, dipaksa putar balik.

Seperti yang dialami salah satu wisatawan asal Sidoarjo. “Tidak tahu sih kalau ada penyekatan, tapi tidak apa. Karena disuruh putar balik. Tadinya mau ke Lava, di Cemoro Lawang sana,” kata Eny Sulistyowati, Kamis (24/6/2021).

Pos Kesehatan Polres ProbolinggoSatgas covid-19 juga lakukan swab pada panitia, petugas keamanan dan warga Suku Tengger. (FOTO: Yulius C for TIMES Indonesia)

Informasi yang dihimpun, di penyekatan Sukapura, petugas berhasil memutar balik lebih dari 50 kendaraan. Rata-rata mereka hendak menuju kawasan Bromo. Baik di restoran sekitar, coffee shop, maupun hotel sekitar Gunung Bromo.

Langkah antisipasi juga dilakukan dengan uji swab pada panitia dan petugas keamanan selama Yadnya Kasada berlangsung. Warga Suku Tengger, TNI, Polri dan Satpol PP yang bertugas diwajibkan swab. Swab digelar langsung di dekat Pura Luhur Poten, laut pasir Bromo.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arysa Khadafi menyebut, pihaknya bersama Kodim 0820 dan Pemkab Probolinggo, berupaya melakukan antisipasi dini terhadap potensi penularan Covid-19 yang kini meningkat lagi.

“Jadi kami pastikan perayaan Yadnya Kasada benar-benar hanya untuk warga Tengger. Bagi wisatawan atau bukan warga lokal, kami putar balik. Begitupun bagi warga yang mengikuti prosesi, di atas juga dilakukan swab,” terangnya.

Pos Kesehatan Polres Probolinggo aLebih dari 50 unit kendaraan berhasil diputar balik petugas di pintu masuk Sukapura. (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

Setiap tahun, Yadnya Kasada menjadi magnet bagi seluruh masyarakat. Baik wisatawan maupun awak media dari berbagai daerah maupun negara. Bagi awak media yang hendak meliput tradisi ratusan tahun itupun, diwajibkan swab. Difasilitasi oleh Kominfo Kabupaten Probolinggo.

Tak hanya penyekatan dan swab. Dalam perayaan Yadnya Kasada tahun ini, Suku Tengger juga memanjatkan doa khusus. “Agar pandemi Covid-19 ini bisa segera sirna dari muka bumi ini. Sehingga kehidupan kembali normal seperti sedia kala,” harap Ketua PHDI Kabupaten Probolinggo, Bambang Suprapto. (*)

Pewarta : Happy L. Tuansyah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.