Berita

Perpres Media Sustainability, Presiden RI Jokowi: Media Massa Miliki Peran Penting

Senin, 06 Februari 2023 - 16:28
Perpres Media Sustainability, Presiden RI Jokowi: Media Massa Miliki Peran Penting Presiden RI Jokowi usai melakukan pertemuan bersama Dewan Pers. (FOTO: Sekneg RI)

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengumumkan akan segera menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Media Sustainability (MS). Perpres ini adalah produk hukum yang mengatur model kerja sama dan hubungan antara media dan platform global untuk ekosistem pers yang seimbang dan berkeadilan.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menerima anggota Dewan Pers yang dipimpin Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/6/2023).

Presiden RI Jokowi  bersama Mensesneg Ri Pratikno menyambut Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, bersama anggota Dewan Pers M Agung Dharmajaya, Sapto Anggoro, Dr. Agung Kristanto, Arif Zulkifli, Totok Suryanto dan Yadi Hendriana.

Presiden RI menyetujui kontribusi Dewan Pers yang berlandaskan UU Pers 40/1999 dalam penyusunan Kepres tentang Pembangunan Berkelanjutan Media Massa.

"Dalam hal media sustainability ini Presiden menyetujui bahwa Perpres MS mengacu pada UU Pers sesuai masukan Dewan Pers," kata Ninik.

Terkait hal itu, Presiden mengukuhkan kehadirannya pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Sumatera Utara pada 9 Februari 2023.

“Saya hadir di HPN Medan,” kata Presiden RI Jokowi. Saat itu, Presiden menerima laporan dari anggota Dewan Pers tentang pergantian pemerintahan, Prof. Sepeninggal Azyumardi Azra, serta pemberitaan Indeks Kebebasan Pers dan perkembangan keberlanjutan media.

Soal kebebasan pers, menurut Presiden sudah lengkap. "Kalau soal kebebasan pers, saya kira sudah kurang bebas apa. Justru yang penting sekarang adalah media harus bertanggungjawab. Di situ yang penting," kata Jokowi.

Presiden juga mencermati platform global dalam rangka menjaga keseimbangan dan keadilan yang bisa diprediksi. "Pengembangan teknologi artificial intelligence (AI) harus terus mendapat perhatian pers," pesan Presiden RI Jokowi. (*)

Pewarta :
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.