Berita

Pengerjaan Kontruksi Jalan Tol Probowangi Tahap I Dimulai, Target Rampung Oktober 2024

Senin, 06 Februari 2023 - 17:38
Pengerjaan Kontruksi Jalan Tol Probowangi Tahap I Dimulai, Target Rampung Oktober 2024 Menteri PUPR RI didampingi oleh Wabup Probolinggo, dan Bupati Situbondo. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi atau Tol Probowangi tahap I (Gending-Besuki) resmi dimulai, pada Senin (6/2/2023). Pengerjaan jalan Tol sepanjang 47,9 kilometer itu pun ditarget selesai pada Oktober 2024 mendatang.

"Mulai dikerjakan untuk tahap I. Dalam tahap itu terdapat tiga seksi yang dikerjakan secara serentak oleh masing-masing KSO dengan paket supervisi," ungkap Adi Prasetyanto, Direktur Utama, PT Jasa Marga Probolinggo-Banyuwangi, dalam acara Groundbreaking Jalan Tol Probowangi di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar.

Untuk seksi I, Gending-Kraksaan, memiliki panjang sekitar 12.88 KM. Ruas jalan ini termasuk paket kontruksi 1 dengan KSO Adhi, Abipraya, dan MKN.

Kemudian seksi II, Kraksaan - Paiton, dengan panjang sekitar 11,20 KM. Paket kontruksi tahap II ini ditangani KSO HKI, ACSET, dan NK. Terakhir seksi III, Paiton - Besuki, dengan panjang 25,60 KM. Paket kontruksi 3 ini ditangani KSO PP, Waskita, dan WIKA.

Sedangkan untuk persentase pembebasan lahan tanah pada area pembangunan tahap I itu, nyaris tuntas keseluruhan. Untuk seksi 1, Gending-Suko seluas 98,59 persen; Suko-Kraksaan seluas 89,67 persen; Kraksaan-Paiton seluas 70,60 persen; Paiton Banyuglugur 26,31 Persen; dan Banyuglugur-Besuki 26,66 persen.

"Untuk di area Banyuglugur-Besuki atau seksi III ini perolehannya kecil. Karena kami masih berusaha untuk menyelesaikan dengan pihak perhutani. Ruas di sana masuk area Perhutani," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono menyampaikan, pengerjaan proyek jalan tol dimulai saat ini. Ditarget pengerjaan selesai hingga akhir akhir tahun 2024 mendatang.

Untuk pekerjaan jalan tol Gending-Paiton ditarget selesai pada Agustus 2024. Sedangkan untuk pengerjaan jalan tol Paiton-Besuki, ditarget selesai Oktober 2024. Pengerjaan jalan sepanjang 47,9 Km ini menelan anggaran Rp 10,8 T menggunakan dana investasi.

Sepanjang jalan tol tahap I itu juga akan dibangun rest area di sekitar wilayah Besuki Kabupaten Situbondo. Ruas jalan yang akan dibangun pun sekitar 12 meter (2x2x3,6 meter).

"Dengan adanya jalan Tol Probowangi ini nanti bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan mempermudah akses lalu-lalang masyarakat. Bahkan waktu perjalanan bisa ditempuh dengan cukup singkat," ungkap Menteri PUPR RI, saat menghadiri groundbreaking di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo.(*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.