Berita

Pembangunan Tol Probowangi Berhenti di Besuki, Bagaimana Kelanjutannya?

Jumat, 02 Juni 2023 - 17:25
Pembangunan Tol Probowangi Berhenti di Besuki, Bagaimana Kelanjutannya? Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPPJN) Jawa-Bali, Rakhman Taufik (Pegang mic) memaparkan data perkembangan proyek Tol Probowangi, Jumat (2/6/23). (Foto: MIftahorrahman/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, SITUBONDOTol Probowangi atau Tol Probolinggo-Banyuwangi merupakan bagian akhir dari Tol Trans Jawa. Pembangunan tol dengan panjang total 177,4 kilometer itu terbagi dalam dua tahap, dan pengerjaan konstruksinya telah dimulai Februari 2023.

Pembangunan tahap 1 dimulai dari Gending (Probolinggo) hingga Besuki (Situbondo) dengan panjang 49,68 kilometer. Sedangkan tahap 2 dimulai dari Besuki hingga Banyuwangi dengan panjang 127,72 klometer.

Dari dua tahap tersebut, hanya tahap 1 (Gending-Besuki) yang konstruksinya mulai digarap. Pembangunan ruas tol yang jadi bagian dari proyek strategis nasional itu, diperkirakan selesai pada akhir 2024 atau paling lambat fungsional di awal 2025.

Lalu, selanjutnya bagaimana dengan pembangunan Tol Probowangi tahap 2?

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPPJN) Jawa-Bali, Rakhman Taufik membeberkan kelanjutan proyek jalan strategis nasional Tol Probowangi dalam acara kunjungan kerja anggota Komisi V DPR RI di Situbondo, Jumat (2/6/23). 

"Untuk saat ini kami berfokus kepada penyelesaian tol Probowangi Tahap 1 Gending-Situbondo dengan target selesai tahun 2024 atau paling lambat awal 2025 sudah fungsional," ungkap Kepala BPPJN Jawa-Bali itu. 

Hal tersebut disampaikan oleh kepala BPPJN Jawa-Bali dalam sesi tanya jawab bersama kepala desa dalam Kunjungan Kerja Dapil Pembangunan Ruas Tol Probowangi oleh anggota komisi V DPR RI di Aula Kecamatan Suboh. 

Sentimen negatif dari prediksi sepinya pengguna tol Probowangi membuat kontrak yang sudah diteken sejak 2017 sempat mandek sebelum kemudian dilanjutkan kembali pada Februari 2023.

Rakhman juga menegaskan pihaknya terus berusaha untuk membangun sentimen positif untuk mensukses proyek strategis nasional itu. “Agar transjawa bisa terkoneksi secara menyeluruh,” imbuhnya

Lebih lanjut, Rakhman turut memaparkan progres pembebasan lahan tol Probowangi tahap 1 Gending-Situbondo yang dibagi dalam 3 paket telah menyentuh angka di atas 50 persen. 

"Untuk progres pembebasan lahan tol Probowangi Gending-Situbondo, paket 1 sudah capai 92,02 persen, paket 2 capai 70,6 persen dan paket 3 sudah 28,48 persen untuk pembebasan lahannya," papar Rakhman.

Ditanya tentang kecilnya progres pembebasan lahan di Paket 3 Paiton-Besuki, Rakhman menjelaskan, banyaknya sengketa lahan yang terjadi di masyarakat menjadi salah satu penyebab kecilnya persentase pembebasan lahan di Kecamatan Besuki, Situbondo. 

Kendati demikian, Rakhman mengestimasi, pencairan dana pembebasan lahan Tol Probowangi Tahap 1 akan cair sekitar akhir Agustus. Bahkan bisa lebih cepat bagi masyarakat yang dokumennya sudah lengkap dan tervalidasi.

"Untuk yang sudah clear, saya estimasi kalau dari Juni, akhir Agustus sudah bisa cair. Bahkan bisa lebih cepat, tapi proses administrasi di Kemenkeu memang sedikit memakan waktu," pungkas Kepala BPPJN Jawa-Bali itu perihal pembebasan lahan untuk Tol Probowangi. (*)

Pewarta : Agus Miftahurrahman
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.