Berita

Tim El-Ulum Media Ponpes Miftahul Ulum An-Nur, Studi Referensi Keredaksian di TIMES Probolinggo 

Rabu, 25 Januari 2023 - 14:49
Tim El-Ulum Media Ponpes Miftahul Ulum An-Nur, Studi Referensi Keredaksian di TIMES Probolinggo  Tim El-Ulum Media mengunjungi kantor TIMES Probolinggo. (FOTO: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Sebanyak 15 santri dan santriwati dari Ponpes Miftahul Ulum An-Nur yang tergabung dalam El-Ulum Media, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, melakukan kunjungan atau studi referensi keredaksian ke kantor TIMES Indonesia Biro Probolinggo, Rabu (25/1/2023). 

Kunjungan El-Ulum Media ke kantor TIMES Probolinggo yang terletak di Jalan dr Soetomo No 49-50, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo ini dalam rangka studi referensi tentang keredaksian untuk mengembangkan ekstrakurikuler jurnalistik. 

Belasan santri ini datang berkunjung ke Kantor TIMES Probolinggo pukul 08.30 WIB. Mereka didampingi oleh tiga orang ustaz dan ustazahnya. Kedatangan mereka disambut langsung oleh segenap crew TIMES Probolinggo.

Sebelum tim El-Ulum Media belajar lebih jauh tentang keredaksian, terlebih dahulu mereka dikenalkan dengan media TIMES Indonesia yang memiliki 220 jaringan di seluruh Indonesia. Selain itu, ada empat jaringan di Singapura, Hongkong, Malaysia, dan Australia.

TIMES Indonesia mengusung trilogi jurnalisme positif, yakni Building, Inspiring dan Positif Thinking. TIMES Indonesia selalu terdepan dalam memberikan informasi positif bagi masyarakat.  

Selanjutnya, belasan santri yang memang dipilih masuk dalam Tim El-Ulum Media ini, diberikan pemaparan dan penjelasan dasar soal alur kerja redaksi oleh pemimpin redaksi TIMES Probolinggo, Muhammad Iqbal. Para santri itu diberikan materi terkait keredaksian untuk memproduksi berita. Selain itu, juga berbicara soal perencanaan. 

El-Ulum-Media-2.jpgTim El-Ukum Media Pondok pesantren Miftahul Ulum An Nur mempelajari tentang kerekdasian.  (FOTO: Taufik Hidayat/TIMES Indonesia)

"Setiap pagi kami bagian redaksi selalu rapat, menyusun listing liputan. Langkah itu kami lakukan sebagai bahan terkait peliputan dan referensi pemeberitaan setiap harinya dari wartawan dan tim editor," kata Iqbal.

Setelah menyusun listing liputan, kata Iqbal, barulah setiap wartawan melakukan peliputan sesuai wilayah kerja masing-masing. Wartawan kemudian mengirim berita hasil liputan untuk selanjutnya diedit oleh editor biro Probolinggo. Selanjutnya, dari editor biro Probolinggo mengirim ke editor pusat, hingga kemudian dipublish oleh tim publisher kantor pusat TIMES Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Iqbal juga menyampaikan bahwa ia dan kawan-kawan juga memproduksi konten video berita."Setiap wartawan juga ngambil gambar video. TIMES Indonesia biro Probolinggo juga memiliki tim editor video yang berjumlah tiga orang," tutur Iqbal.

Selanjutnya, para Santri yang tergabung dalam El-Ulum Media ini melakukan praktek langsung produksi berita. Mereka belajar tentang produksi berita sesuai dengan tupoksi masing-masing. Mulai dari proses editing berita, pembuatan konten video berita, konten TikTok, desain grafis, pembuatan flyer dan juga E-Koran. 

Mohamad Nawawi Kepala MA Miftahul Ulum An-Nur menyampaikan rasa terimakasihnya, sudah diizinkan untuk berkunjung dan melihat langsung proses produksi berita di kantor TIMES Indonesia Probolinggo.

“Terimakasih atas kesempatan ini, semoga adanya kunjungan dalam rangka pengenalan tentang keredaksian di TIMES Indonesia Biro Probolinggo menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat diterapkan oleh Tim El-Media Ponpes Miftahul Ulum An-Nur," ucap Nawawi. (*)

Pewarta : Sri Hartini
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.