https://probolinggo.times.co.id/
Ekonomi

Inilah 10 Provinsi Penyangga Pangan Nasional di Tahun 2024

Sabtu, 02 Maret 2024 - 14:33
Inilah 10 Provinsi Penyangga Pangan Nasional di Tahun 2024 Ilustrasi Panen Padi. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan RI) mengungkapkan bahwa ada 10 provinsi di Indonesia yang menonjol sebagai penghasil beras terbesar, menjadikannya sebagai penyangga pangan nasional berkat potensi luas panen yang signifikan pada tahun 2024.

"Dari data Kerangka Sampel Area (KSA) Badan Pusat Statistik yang kami terima, terdapat 10 provinsi yang menjadi produsen beras terkemuka di Indonesia dengan potensi luas panen yang besar pada tahun 2024," ungkap Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi, Sabtu (2/3/2024).

Suwandi memperinci bahwa 10 provinsi tersebut mencakup Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Aceh, Lampung, Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Banten.

Ia menyatakan bahwa berdasarkan data KSA BPS, pada Januari 2024, potensi produksi beras nasional pada bulan Maret diperkirakan mencapai 3,54 juta ton, tersebar di 10 provinsi tersebut.

"Kementerian Pertanian saat ini terus memperkuat upaya peningkatan luas lahan melalui optimalisasi rawa di beberapa daerah dan melibatkan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan produksi di seluruh daerah," jelas Suwandi.

Untuk panen raya padi Maret-April ini, Kementan memperkuat pengawasan dan pengawalan bersama pemangku kepentingan untuk memastikan produksi padi maksimal.

Menurut Suwandi, fokus Kementan adalah meningkatkan produksi padi melalui tiga strategi utama, yaitu perluasan areal tanam, peningkatan indeks pertanaman, dan peningkatan produktivitas. Peningkatan produksi padi juga dilakukan melalui optimalisasi lahan rawa di beberapa provinsi, yang menjadi program prioritas.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik, M Habibullah, menyatakan bahwa produksi utama beras terkonsentrasi di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, yang mencakup 57 persen dari total potensi produksi beras pada Maret 2024.

"Dalam konteks produksi beras, daerah dengan potensi produksi terbesar pada Maret 2024 adalah Banyuasin di Sumatera Selatan, Lamongan di Jawa Timur, dan Grobogan di Jawa Tengah," tambahnya.

Sementara itu, tiga provinsi dengan luas tanaman jagung terbesar terletak di Sumatera Utara, Banten, dan Kalimantan Utara, dengan perkiraan produksi jagung pada Januari-April 2024 mencapai 5,34 juta ton. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.