https://probolinggo.times.co.id/
Berita

Puluhan Linmas Tingkatkan Kapasitas Jelang Pilkada 2024 Kota Probolinggo

Rabu, 24 April 2024 - 16:48
Puluhan Linmas Tingkatkan Kapasitas Jelang Pilkada 2024 Kota Probolinggo Linmas Kelurahan Wonoasih berpartisipasi dalam acara peningkatan kapasitas keamanan dan ketertiban. (Foto: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, puluhan petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kelurahan Wonoasih, Kota Probolinggo, Jawa Timur, meningkatkan kapasitas mereka.

Kegiatan yang digagas oleh Pokmas Minak Jinggo dan dihadiri oleh Forkopimka Wonoasih berlangsung, Rabu (24/04/2024) pagi di Kantor Kelurahan Wonoasih.

Kegiatan tersebut membahas materi perlindungan masyarakat dan penegakan ketentuan perundang-undangan terkait ketertiban. Setidaknya ada 20 Linmas yang terlibat.

Ketua Kelompok Masyarakat Minak Jinggo, Samsul Huda, mengatakan, pelatihan Linmas ini penting dilakukan agar para Linmas mengetahui secara detail tugas dan fungsinya, terlebih menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.

“Tidak hanya pada Pilkada 2024 nanti, Linmas yang merupakan bagian dari keamanan dapat menjalankan fungsinya sebagai pengamanan, khususnya di daerah lingkungannya," ujarnya.
 
Lurah Wonoasih, Mohammad Gozali, menambahkan, pelatihan yang diberikan kepada Linmas juga akan berdampak pada kualitas Linmas itu sendiri.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam menjalankan tugas di lingkungan khususnya.

"Linmas merupakan garda terdepan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat,” ucap pria yang akrab dipanggil Mamad itu.

Mamad juga menambahkan perlunya peningkatan kapasitas, kualitas, dan skill, termasuk dalam menjaga keamanan pada Pilkada 2024.

Sementara itu, Kapolsek Wonoasih, Kompol Sumardjo, mengatakan, kegiatan yang dilakukan pagi itu merupakan hal yang positif.

Dengan adanya Linmas, menurutnya petugas sangat terbantu mengingat jumlah personel kepolisian yang terbatas.

"Dengan adanya Linmas ini, informasi kejadian-kejadian sekecil apapun dapat kami serap,” ucap Sumardjo.

Menurutnya, menjelang Pilkada 2024, titik rawan di wilayah Kecamatan Wonoasih harus diketahui agar gangguan kamtibmas dapat diantisipasi secepat mungkin. (*)

Pewarta : Rizky Putra Dinasti
Editor : Ryan Haryanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.