Berita

Guyonan Gus Miftah Hangatkan Malam Puncak Milad Ke-17 Syubbanul Muslimin 

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 22:36
Guyonan Gus Miftah Hangatkan Malam Puncak Milad Ke-17 Syubbanul Muslimin  Gus Miftah hadir dalam puncak milad ke-17 majelis sholawat Syubbanul Muslimin, dan menghangatkan suasana dengan guyonannya. (FOTO: Taufik H/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Majelis sholawat Syubbanul Muslimin menggelar kegiatan puncak peringatan milad ke-17 di lapangan simpang empat Ponpes Nurul Qadim Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jatim, Sabtu (1/10/2022) malam. Ulama kondang yang karib disapa Gus Miftah, hadir dan memberikan ceramah agama sambil melepas guyonan khasnya.

Kehadiran Gus Miftah dalam puncak milad ke-17 majelis sholawat Syubbanul Muslimin, membuat hangat suasana dengan guyonannya. Termasuk guyonan saat Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang hadir hendak meninggalkan tempat acara. 

Saat itu diketahui, Kapolri akan meninggalkan acara karena jadwal pesawat yang akan menerbangkannya ke Jakarta sekitar pukul 23.00 WIB.

Ribuan-jemaah-tumpek-blek-menghadiri-milad-4.jpgRibuan jemaah tumpek blek menghadiri milad ke-17 Syubbanul Muslimin tumpek. (FOTO: Taufik H/TIMES Indonesia)

"Pesawat itu kayak perempuan. Maunya dimengerti, tapi tak mau dimengerti," kata Gus Miftah, yang disambut gelak tawa ribuan jemaah yang hadir di lapangan simpang empat Ponpes Nurul Qadim Paiton.

Dari pantauan TIMES Indonesia, Kapolri beranjak dari tempat acara puncak milad ke-17 majelis sholawat Syubbanul Muslimin sekitar pukul 21.20 WIB. Saat Kapolri berjalan di tengah-tengah ribuan jemaah, Gus Miftah membacakan sholawat yang diiringi musik hadrah Syubbanul Muslimin.

Kemudian, Gus Miftah melanjutkan ceramahnya. Namun kali ini Gus Miftah bercerita soal Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur. Ia menyebut, tanah dan air dari Mojokerto yang dibawa oleh Presiden RI Joko Widodo, melalui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa adalah contoh yang telah dilakukan oleh Sunan Kalijaga.

"Dulu, Sunan Kalijaga saat membangun Masjid Demak tidak dilakukan sendiri. Proyek masjid Demak itu dilakukan secara gotong royong, dimana Sunan Kalijaga mengajak semua Wali Allah untuk bersama membangun masjid Demak," kata Gus Miftah.

Selanjutnya, Gus Miftah memuji apa yang dilakukan KH Hafidzul Hakiem Noor atau Gus Hafidz yang mampu membesarkan majelis sholawat Syubbanul Muslimin. Ia menyebut, Gus Hafidz seperti gula yang memberikan rasa manis kepada orang lain.

"Vokalis Syubbanul Muslimin seperti Akam, menjadi terkenal karena langkah Gus Hafidz. Luar biasa apa yang telah dilakukan oleh Gus Hafidz, istiqomah sampai Syubbanul Muslimin berusia 17 tahun," ujarnya.

Diketahui, sebelum malam puncak milad ke-17, Syubbanul Muslimin lebih dulu menggelar banyak acara. 

Pada Sabtu (3/9/2022) digelar turnamen bola voli memperebutkan Piala Dokter Mufti Anam. Turnamen yang telah berakhir pada Sabtu (24/9) itu, bertempat di lapangan simpang empat Pondok Pesantren Nurul Qodim (PPNQ).

Kemudian, pada Minggu (4/9), pukul 13.00 WIB, digelar Anniversary Vloc & Comshow. Tempat acara juga di lapangan simpang empat PPNQ.

Lalu, pada Minggu (11/9), PPNQ mengadakam Bahtsul Masa’il PCNU Kota Kraksaan. Acaranya dimulai pukul 8 pagi, di Saka 9 Mabes Syubbanul Muslimin.

Seminggu kemudian, atau pada Minggu (18/9), kawasan PPNQ dipenuhi pecinta sepeda ontel atau yang disebut Onthelis. Pecinta sepeda kuno itu menggelar touring "Ontel Syubban" dengan garis start di lapangan simpang empat PPNQ, mulai pukul 06.30 WIB. Lalu, pada Minggu (25/9/2022) pagi, digelar gowes bareng.

Kini, rangkaian milad ke-17 majelis sholawat Syubbanul Muslimin menyisakan satu kegiatan. Yakni event touring motor trail yang akan digeber pada Minggu (2/10/2020) pagi.

Kini, majelis sholawat Syubbanul Muslimin menyisakan satu kegiatan. Yakni event touring motor trail yang akan digeber pada Minggu (2/10/2020) pagi. Seluruh kegiatan tersebut digelar di lapangan simpang empat Ponpes Nurul Qadim Paiton. Termasuk puncak peringatan milad yang dihadiri Gus Miftah, Kapolri, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta para pejabat Pemprov Jatim dan Pemkab Probolinggo. (Adv)

Pewarta : Rhomadona (MG-410)
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.