https://probolinggo.times.co.id/
Berita

Pemkab Probolinggo Anggarkan Rp 490 Juta untuk Pasang PJU Baru

Rabu, 24 April 2024 - 16:24
Pemkab Probolinggo Anggarkan Rp 490 Juta untuk Pasang PJU Baru Ruas jalan di Kota Kraksaan yang banyak dilewati kendaraan. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMES PROBOLINGGO, PROBOLINGGO – Masih banyak ruas jalan di Kabupaten Probolinggo yang membutuhkan lampu penerangan. Oleh karenanya, pemerintah setempat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 490 juta untuk pengadaan lampu penerangan jalan umum atau PJU.

Anggaran ratusan juta tersebut dialokasikan untuk pengadaan 46 unit PJU. Lampu penerangan itu akan dipasang di tiga ruas jalan, yaitu di Kecamatan Kraksaan, Banyuanyar, dan Krucil.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo, Windardi menyampaikan, anggaran PJU tersebut sudah direncanakan dan telah dianggarkan dari APBD tahun 2024 ini.

Lokasi yang disasar, menurutnya, telah dipertimbangkan sesuai kondisi jalan yang sangat membutuhkan penerangan.

Salah satunya adalah karena adanya keluhan dari masyarakat. Sehingga, 46 unit PJU tersebut akan dipasang di tiga kecamatan tersebut.

Sehingga dengan adanya PJU tersebut, lanjutnya, akan membantu masyarakat saat melintasi jalur tersebut. Masyarakat pun tidak akan was-was bila melewati ruas jalan yang dulunya gelap.

"Jadi, masyarakat tidak perlu takut lagi saat melintasi jalan itu di malam hari, karena jalannya akan terang dengan PJU," paparnya.

Ia menjelaskan, PJU tersebut nantinya akan dipasang menggunakan jaringan listrik, sehingga perawatannya lebih mudah, berbeda dengan PJU yang menggunakan solar cell.

"Saat ini masih dalam tahap perencanaan. Nantinya, PJU akan menggunakan jaringan listrik, sebab pemeliharaannya lebih mudah," ujarnya. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Ryan Haryanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Probolinggo just now

Welcome to TIMES Probolinggo

TIMES Probolinggo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.